Analisis Konsumsi Daya Mobil Listrik Dengan Penggerak Motor Brushed DC
Abstract
Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsumsi daya pada mobil listrik yang menggunakan mesin penggerak motor brushed DC. Dengan diketahui konsumsi dayanya pada kecepatan konstan tertentu dan kapasitas baterai yang digunakan, maka dapat dihitung jarak maksimum yang dapat ditempuh. Pada penelitian ini digunakan motor Brushed DC 1000 Watt sebagai penggerak utama. Untuk sumber energy digunakan baterai berjenis Lead Acid dengan kapasitas 48 Volt 30 Ampere hour (Ah). Untuk mengendalikan kecepatan digunakan pedal throttle yang menggunakan hall sensor. Keluaran sensor dihubungkan dengan Arduino Uno yang berfungsi untuk mengendalikan rangkaian driver. Untuk mengukur tegangan suplai, konsumsi arus, dan kecepatan motor, masing-masing menggunakan sensor tegangan (opto coupler dan pembagi tegangan), sensor arus (ACS712), dan sensor kecepatan (Phototransistor dan resistor). Hasil pengukuran diproses oleh dua buah Arduino yang kemudian mengirimkan data ke laptop malalui transceiver LoRa. Dengan alat ukur buatan sendiri yang mempunyai toleransi kesalahan di bawah 3 % dibanding alat ukur referensi, diperoleh hasil bahwa untuk mendapat kecepatan konstan 4 m/s diperlukan tambahan daya sebesar 11 % dibanding pada kecepatan 2 m/s. Tetapi dengan kapasitas baterai yang sama, dan tambahan daya 11 % tersebut, jarak yang ditempuh mencapai hampir dua kali lipat yang dapat ditempuh dengan kecepatan 2 m/s.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
. A. Herlambang, Perancangan Mobil Listrik Dua Penumpang Untuk Mendukung Mobilitas Civitas Akademika Universitas Negeri Yogyakarta, Laporan Proyek Akhir, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, 2019.
. M. T. Afif and I. A. P. Pratiwi, “Analisis perbandingan baterai Lithium-Ion, Lithium-Polymer, Lead Acid dan Nickel-Metal Hydride pada penggunaan mobil listrik,” Jurnal Rekayasa Mesin, vol. 6 no. 2, 2015, pp. 95-99.
. M. Udin, M., B. S. Kaloko, dan T. Hardianto, “Peramalan kapasitas baterai Lead Acid pada mobil listrik berbasis Levenberg Marquardt Neural Network,” Jurnal Berkala Sainstek, vol. 5 no. 2, 2017, pp. 112-117.
. R. Mulyadi, K. D. Artika, and M. Khalil, “Perancangan sistem kelistrikan perangkat elektronik pada mobil listrik,” Jurnal Elemen, vol.6 no.1, Juni 2019, pp. 7–12.
. I. Susanti, Rumiasih., Carlos R.S., and A. Firmansyah, “Analisa penentuan kapasitas baterai dan pengisiannya pada mobil listrik,” Jurnal Elektra, vol.4 no.2, Juli 2019, pp. 29–37.
Refbacks
- There are currently no refbacks.