Analisis Pengaruh Positioning Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Wisatawan Untuk Berkunjung Di Objek Wisata Kebun Raya Unmul Samarinda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah variable positioningterdapat pengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan wisatawan untuk berkunjung Di Kebun Raya Unmul Samarinda ?Manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap Keputusan wisatawanberkunjung Di Kebun Raya Unmul Samarinda ? Penelitian ini mengunakan analisis Regresi Berganda untuk menagalisis hasil penelitian. Ha diterima ada pengaruh antara experimental concept terhadap keputusan wisatawan untuk berkunjung. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung thitung>t tabel (3,049>1,661), signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,003 <0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,264 Hasil penelitian ini, Ha diterimaada pengaruh antara price concept terhadap keputusan wisatawan untuk berkunjung. Hal ini dibuktikan dengan t hitung>t tabel (2,301>1,661), signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,024<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,152. ( Ha diterima,Ho ditolak), Ha diterimaada pengaruh antara atribute produk concept terhadap keputusan wisatawan untuk berkunjung. Hal ini dibuktikan dengan t hitung>t tabel (4,366>1,661), signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,355. (Ha diterima,Ho ditolak), Ha diterimaada pengaruh antara positioning yang terdiri dari experimental concept, price concept, dan atribute produk concept terhadap keputusan wisatawan untuk berkunjung. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel (29,882>2,70) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). ( Ha diterima,Ho ditolak), Variabelatribute product conceptmerupakan faktor dominan yang mempengaruhi keputusan wisatawan untuk berkunjungdi Kawasan Kebun Raya Unmul Samarindadengan koefisien sebesar 0,398, kemudian peringkat kedua diduduki variabelexperimental concept dengan koefisien sebesar 0,249, dan peringkat terakhir diduduki variabel price conceptdengan koefisien sebesar 0,218.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Darmawan, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarta
Fandeli, C. 1995. Dasar-Dasar Manajemen Kepariwisataan. Yogyakarta. Liberty.
Hasan, A. 2009. Marketing. Yogyakarta. Medpress
........., A. 2013. Marketing dan Kasus-kasus pilihan. Yogyakarta. CAPS
Kuncoro, M. 2004. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta. AMP YKPN
Musanef. 1996. Manajemen Usaha Pariwisata. Jakarta. Gunung Agung.
Pendit, N.S. 2002. Ilmu Pariwisata “Sebuah Pengantar Perdana”. Jakarta. PT Pradnya Paramita
Pitana, I. G. dan Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta. Andi.
........., I. G. dan Diarta. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta. Andi.
Sihite, R. 2000. Tourism Industry (Kepariwisataan). Surabaya. SIC
Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan SPSS. Jakarta. Kencana Prenada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung. CV Alfabeta.
............. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. CV Alfabeta.
Sudjana. 1996. Metode Statistik. Bandung. Tarsito.
Sunyoto, D. 2011. Metode Penelitian Ekonomi. Yogyakarta. CAPS
Suwantoro, G. 2004. Dasar – Dasar Pariwisata. Yogyakarta. Andi
Tjiptono, F. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Andi.
Wahab, S. 1997. Pemasaran Pariwisata. Jakarta. PT Pradnya Paramita.
Yoeti, O.A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung. Angkasa.
DOI: https://doi.org/10.46964/jtr..v1i2.237
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Edutourism Journal Of Tourism Research
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.