Pengaruh Kualitas Produk Wisata Umrah terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Lansia di Annisa Travel Jakarta

Yulianandaris Yulianandaris, I Made Adhi Gunadi, Meizar Rusli

Abstract


Minat dan tren perjalanan ibadah umrah yang dikemas bersama kegiatan wisata terus meningkat, membuat persaingan dalam industri wisata semakin kompetitif. Bagi pelaku wisata umrah, artinya kian penting untuk memperhatikan kebutuhan dan keinginan serta memenuhi harapan pelanggan dengan cara memberikan kualitas produk yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kualitas produk wisata terhadap minat pasar utama wisata umrah yaitu wisatawan lansia untuk berkunjung melakukan ibadah umrah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dari 51 responden dengan menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dimensi kualitas produk wisata yang berpengaruh dan tidak berpengaruh terhadap minat kunjungan. Dimensi yang berpengaruh adalah fasilitas umum, sumber daya manusia dan aksesibilitas. Sedangkan dimensi yang tidak berpengaruh adalah dimensi atraksi, kebersihan, informasi dan pelayanan.


Keywords


tourism product, umrah pilgrimage, visit intention, elderly tourist

References


Amalina, D. 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Religi Masjid Agung Islamic Centre Kabupaten Rokan Hulu. JOM Fisip, 4 (2).

Anwar, M. Hamid, D. Topowijono. 2017. Analisis Dampak Pengembangan Wisata Religi Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim dalam Kehidupan Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Sekitar (Studi Pada Kelurahan Gapurosukolilo Kabupaten Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis, 44 (1).

Bodlender, J. et al. 1991. Developing Tourism Destination: Policy and Perspectives. Harow, Longman.

Buhalis, D. 2000. Marketing The Competitive Destination Of The Future. Tourism Management, 21 (1).

Dewi, K. 2019. Pengaruh Produk Wisata Dan Kebijakan Harga Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan. Media Wisata, 17 (2).

Hassan S, Zainal S, Mohamed O. 2015. Penentu Akuisisi Pengetahuan Tujuan dalam Wisata Religius: Perspektif Wisatawan Umrah. International Journal of Marketing Studies, 7 (3).

Holloway, J. dan Davidson, R. 2009. The Business of Tourism 8th Edition. England: Pearson Education Limited.

Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo.

Munawar, A. Husin, S. dan Halim, A. 2003. Fikih Haji menuntun Jamaah Mencapai Haji Mabrur. Jakarta: Ciputat Press.

Poerwanto. 2004. Analisis Kesan Wisatawan Terhadap Dimensi Kualitas Produk Wisata. Jurnal Ilmiah Pariwisata STP Trisakti, 9 (1).

Ramadoni, W. dan Rumorong, N. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Wisata dan Harga Terhadap Minat Beli Wisatawan Ke Yogyakarta (Studi Kasus Pada Wisatawan Yang Menggunakan Jasa Pada CV Hosanna Global Partner). Jurnal Eksekutif, 16 (2).

Simamora, Bilson. 2002. Panduan Riset Prilaku Konsumen. Surabaya: Pustaka Utama.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sulandari, S. Martyastanti, D. dan Mutaqwarohmah, R. 2009. Bentuk-Bentuk Produktivitas Orang Lanjut Usia (Lansia). Jurnal Ilmiah Berskala Psikologi, 11 (1).

Tantri, E. 2018. Lanjut Usia (Lansia) Dalam Kebijakan Pariwisata Di Hong Kong (Tiongkok): Tahun 1978-2016. Jurnal Kajian Wilayah, 9 (2).




DOI: https://doi.org/10.46964/jtr..v2i2.512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edutourism Journal Of Tourism Research

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Creative Commons License
 
Edutourism Journal Of Tourism Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.