MANAJEMEN KRISIS DESTINASI WISATA PASCA BENCANA TSUNAMI SELAT SUNDA OLEH HUMAS PEMERINTAH

Putri Widya Oktarini, Gayatri Atmadi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk :(1). Memperoleh deskripsi komprehensif tentang manajemen krisis yang dilakukan pada destinasi wisata Tanjung Lesung pasca  bencana alam Tsunami Selat Sunda oleh Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata. (2). Pilihan media yang digunakan Biro Komunikasi Publik untuk menunjang manajemen krisis. Penelitian ini menggunakan metode paradigma interpretif dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan strategi  penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara langsung dengan tiga informan dari pihak Tim Krisis Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen krisis dan strategi yang dilakukan adalah dengan melakukan riset dampak serta berita yang ada di media, pembuatan perencanaan pemograman berupa penunjukan juru bicara, publik kunci, publikasi siaran pers secara berkala dan penyelenggaraan event. Selain itu dalam pelaksanaannya melibatkan beberapa komunitas terkait dalam penyebaran informasi

 


Keywords


destinasi wisata, humas pemerintah, manajemen krisis, strategi humas,tsunami selat sunda

References


Biro Komunikasi Kemenpar.2017. Launching Festival Tanjung Lesung. Diakses pada http://www.kemenpar. go.id/post/siaran-pers-launching-festival-pesona-tanjung-lesung-2017.

Biro Komunikasi Publik.2016. Laporan Tengah Tahunan Biro Komunikasi Publik T.A 2016. Jakarta: Kementerian Pariwisata.

Cutlip, Center & Broom. 2013. Effective Public

Relations. Jakarta : Kencana.

Daymon, Christine & Immy Holloway. 2002.

Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public

Relations dan Marketing Communications.

Terjemahan. Cahya Wiratama. Yogyakarta:

Penerbit Bentang.

Dewan Nasional KEK RI. 2018. Diakses pada

https://kek.go.id/kawasan/Tanjung-Lesung

Eva Safitri. (2018, Desember31). Update Jumlah

Korban Tsunami Selat Sunda: 437 Orang

Tewas14.059 Luka. Diakses pada https://news.

detik.com/berita/436569/update-jumlah-korban-

tsunami-selat-sunda- 437-orang-tewas-14059-

luka.

Fitrah, Muh dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian : Penelitian Kualitatif, Tindakan dan Studi Kasus. Bojong Genteng : CV Jejak

Imran, Ayub I. 2017. Komunikasi Krisis. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Kek.go.id. 2018. Diakses pada http://kek.go.id/ kawasan/Tanjung-Lesung.

Kemenpar.2019. Visi Kementerian Pariwisata. Diakses pada https://www.kemenpar.go.id/page visi-misi

Kencana, Maulandy Rizky Bayu. (2018,Desember

. Jababeka Merugi Rp 150 Miliar Akibat Tsunami Selat Sunda. Diakses pada https://www.liputan6.com/bisnis/read/3855927/

merugi-rp-150 -miliar-akibat-tsunami-selat-

sunda.

Medistiara, Yulida. (2018, Desember 23). Penjelasan Lengkap BMKG soal Tsunami Banten Akibat Anak Krakatau. Diakses pada https://news.detik.com/berita/d-4355674/ penjelasan-lengkap-bmkg-soal-tsunami-

banten-akibat-anak-krakatau

Mulyana, Deddy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Nova, Firsan. 2014. PR War. Jakarta:Gramedia

Widiasarana Indonesia.

Nugroho, Sutopo Purwo. (2019, Januari 25) Rentannya Pariwisata dari Bencana. Diakses dari https://www.bnpb.go.id/ rentannya-pariwisata-dari-bencana

Nurtjahjani, Fullchis. 2018.Public Relations Citra

& Praktek. Malang : Polinema Press.

Rukajat ,Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Deepublish.

Rully, Ramli. (2018,Desember 27) Tsunami Rusak

Ha Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung. Diakses pada https://economy

okezone. com/ read/2018/12/27/470/1996536/

tsunami-rusak-8-ha-kawasan-ekonomi-khusus-

tanjung-lesung

Ruslan, Rosady. 2005. Kiat dan Strategi Kampanye

Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Setiawan, Bram. (2019, April 2). Tiga Bulan Pasca Tsunami, Intip Kondisi Terbaru Tanjung Lesung. Diakses pada : google.com/amp/s/ travel.tempo.co

Supriadi, Bambang dan Nany Roedjinandari. 2017.

Perencanaan dan Pengembangan Destinasi

Pariwisata. Semarang: Universitas Negeri

Malayang

Tanjung Lesung.com. (2019, April15). Diakses dari https://www.tanjung lesung.com/

Taufik Siddiq. (2019, April 19). Ada Wilayah Terdampak Tsunami Selat Sunda Belum Dapat Bantuan. Diakses pada https://nasional.tempo.co/read/1158399/ada-wilayah-terdampak-tsunami-selat-sunda-belum-dapat-bantuan/ full&view=ok.




DOI: https://doi.org/10.46964/jtr..v2i2.504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edutourism Journal Of Tourism Research

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Creative Commons License
 
Edutourism Journal Of Tourism Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.