Meningkatka Hasil Belajar Fisika Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Problem Posing Pada Siswa Kelas X TITL SMK Negeri 1 Labuan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF INDONESIAReferences
Rahmawati, A. S., & Ika, Y. E., “Perbedaan Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Students Teams Achievement Division) Dan Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Fisika,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 6, no. 1, pp. 162-168, 2020
Fitriyani, R. V., Supeno, S., & Maryani, M., “Pengaruh LKS Kolaboratif Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA,” Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp.71-81, 2019
Yudhawardana, H., “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa,” Haumeni Journal of Education, vol. 2, no. 2, pp. 16-25, 2022
Benu M.Y., “Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Problem Besed Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA Negeri 4 Kupang, Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Nusa Cendana Kupang, 2019
Dwi R., “Upaya Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Fisika Dengan Model Cooperative Problem Solving (CPS),” Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 1, pp. 1-3, 2017.
Maryati, M., “Peningkatan Kompetensi Belajar Induksi Magnet Dan Elektromagnetik Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Problem Posing,” Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, vol. 8, no. 1, 2023
Jannah, S. N., Doyan, A., & Harjono, A., “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Problem Posing Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 1, no. 4, pp. 257-264, 2015
Harefa, D., “Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Teluk Dalam,” In SINASIS (Seminar Nasional Sains), vol. 1, no. 1, 2020
Septina, H., Hartini, S., & Suyidno, S., “Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika,” vol. 2, no. 1, pp. 62-69, 2014
Sari, I. R. R., Zainuddin, Z., & Salam, A., “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Problem Posing Dalam Setting Cooperative Learning Pada Pembelajaran Fisika Di Kelas X 2 SMA Negeri 10 Banjarmasin,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, vol. 1, no. 2, pp. 104-112, 2017
Kartikawati, S., “Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif dan Problem Posing dengan Kombinasi Tutorial Online untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Fisika Dasar,” Jurnal Pendidikan, vol. 16, no. 1, 2010
Upu, H., “Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Pustaka Ramadhan. Bandung, 2003
Soedjadi, R., “Kiat Pendidikan di Indonesia. Dikti Depdiknas. Jakarta, 2003
Suharta, I.J.J., “Pengembangan Strategi Problem Posing dalam Pembelajaran Kalkulus untuk Memperbaiki Kesalahan Konsepsi. Matematika: Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. Th. VI No. 2, Agustus 2000,” Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA Universitas Negeri Malang. Malang, 2000
DOI: https://doi.org/10.46964/jtmp.v15i1.1885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 MEDIA PERSPEKTIF : Journal of Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------
MEDIA PERSPEKTIF Indexed by :
---------------------------------------------------------
Published by:
PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
Jl. Dr. Ciptomangkusumo Kampus Gunung Lipan, Samarinda - Kalimantan Timur 75131
Telephone: (0541) 260588, Fax: (0541) 260355
Email: jurnalmediaperspektif@polnes.ac.id
Website: http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/mediaperspektif
e-ISSN : 2723-6099 p-ISSN: 1412-3819
=============================================================================================
This MEDIA PERSPEKTIF is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
=================================================================