Analisis Kualitas Pelayanan Penumpang Kapal Motor Penyeberangan

Eka Patmasari, Muhammad Aris, Herdi Syam

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian terkait kualitas pelayanan penumpang dengan menggunakan dimensi pelayanan yaitu bukti langsung/dapat diraba/sarana fisik (tangible), keandalan pelayanan (reliability), ketanggapan pelayanan (responsiveness), jaminan/ keyakinan (assurance) dan empati (empathy) pada Kapal Motor Penyeberangan Perdana Nusantara, penelitian dilakukan dengan pengamatan oleh tim peneliti, wawancara dengan penumpang, dokumentasi melalui foto dan regulasi terkait dan kajian pustaka melalui artikel dan jurnal yang berhubungan dengan tema penelitian, analisis dan pengolahan data dilanjutkan dengan penyajian hasil penelitian secara naratif, hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan pada Kmp. Perdana Nusantara memenuhi indikator sarana yang memadai, keamanan dan keselamatan kemudian indikator kebersihan dan sarana kesehatan masih dianggap perlu perbaikan, penelitian selanjutnya diharapkan mampu memetakan kualitas pelayanan dari sudut pandang perusahaan.


Keywords


pelayanan; penumpang; kapal.

Full Text:

PDF

References


Basri, Hasan. 2014. “Using Qualitative Research in Accounting and Management Studies: Not a New Agenda.” Journal of US-China Public Administration.

Fauzi, Irpan. 2019. “Optimalisasi Dalam Menjangka Peta Untuk Keselamatan Dan Keamanan Pelayaran Di Mt. Eternal Oil I Milik PT. Tanker Armada Nusantara.” Skripsi, Unimar Amni Semarang, Semarang.

Miles, M. A. 1994. “Miles and Huberman (1994)- Chapter 4.Pdf.” in Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook.

Putri, Riyanieta Putri. 2022. ““Perlukah Ruang Laktasi Di Kantor?”” Aceh, Artikel. Artikel.

Syam, Herdi, Zainal Abidin, and Edwin Halim. 2021. “Analisis Fasilitas Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas Di Pelabuhan Samarinda.” Jurnal Maritim 11(2).

Syam, Herdi, Eka Patmasari, and Andi Anugrah. 2021. “Analisis Program One Agency One Innovation Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kabupaten Wajo.” 7.

Wulan, A., N. 2015. “Docking Dan Perawatan Kapal Perikanan.” Skripsi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, Malang.

Yuda, Anak Agung Ngurah Ade Dwi Putra, and Rina Arum Prastyanti. 2018. “Perlindungan Hak Penumpang Kapal Terhadap Resiko Kesehatan Di Laut.” Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan 8(2).




DOI: https://doi.org/10.46964/jmarit.v13i1.1817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Maritim

Jurusan Kemaritiman, Politeknik Negeri Samarinda https://repository.binausadabali.ac.id/tes/
503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.