ANALISIS KAPASITAS DERMAGA TERMINAL PETI KEMAS PELABUHAN PETI KEMAS PALARAN SAMARINDA BERDASARKAN NILAI BERTH OCCUPANCY RATIO DAN BERTH THROUGHPUT

Anisah Azizah

Abstract


Sungai Mahakam yang membentang di kawasan Kota Samarinda menjadikan transportasi air memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut. Terminal Peti Kemas Palaran (TPKP) menjadi kawasan utama untuk aktivitas bongkar muat barang (peti kemas). TPKP memiliki fasilitas dermaga sepanjang 270 m,  dermaga/tambatan sebanyak 2,  luas lapangan penumpukan 7,7 Ha dengan kapasitas 300.000 TEUs, banyak tumpukan container 5 dan produktifitas kerja pelabuhan peti kemas yaitu 355 hari/tahun dengan jam operasional kerja per hari adalah 24 jam. Tujuan penelitian ini ialah menganalissi kapasitas dermaga TPKP. Analisis dilakukan menggunakan rumus perhitungan Berth Occupancy Ratio (BOR) dan Berth Throughput (BTP).  Hasil analisis menunjukkan tingkat pemakaian dermaga telah melebihi nilai standar yang telah ditentukan UNCTAD, yaitu 50%.

Keywords


kapasistas dermaga, Berth Occupancy Ratio (BOR), Berth Throughput (BTP).

Full Text:

PDF

References


Arlius, Farendy. (2014). Ramalan Tingkat Pemakaian Lapangan Penumpukan Petikemas (YOR), Utilitas Container Crane (CC) dan Rubber Tyred Gantry (RTG) di Terminal Peti Kemas Banjarmasin

Bhakty, Tania Edna. (2007). Analisis Pengembangan Terminal Peti Kemas Pelabuhan Soekarno Hatta Makasar. Makasar

Buchari, Erika. (2006). Diktat kuliah pelabuhan, jurusan teknik sipil fakultas teknik

Indah, Nutfah S. (2007). Analisa Kinerja dan Efektifitas Bongkar Muat Pada Terminal Peti Kemas (TPK) Koja Universitas Sriwijaya. Palembang: Jurusan Teknik Sipil

International Maritime Organization. (1986). International Convention for Safety of Life at Sea (SOLAS).

Misliah., et al. (2012). Analisis Kapasitas optimal lapangan penumpukan petikemas pelabuhan samarinda berdasarkan operator dan pengguna pelabuhan. Samarinda

PT. Pelabuhan Samudera Palaran. (2021). Dokumen arus kapal dan arus peti kemas.

Setiawan R. dkk. (2010). Simulasi sistem penanganan di lapangan penumpangan di lapangan penumpukan peti kemas. Surabaya.

Sodjono Kramadibrata. (2002). Perencanaan Pelabuhan. Ganeca Exact, Bandung

Thoresen, CA. (2003). Port Designer’s Handbook: Recommendations and Guidelines,

Thomas Telford, London.

Triatmodjo, B. (2010). Perencanaan Pelabuhan, Beta Offset, Yogyakarta.

Triatmodjo, B. (2011). Analisis Kapasitas Pelayanan Terminal Peti Kemas Semarang.

UNCTAD (United Nation Conference on Trade and Development), Operating and Maintenance Feature of Container Handling Systems.




DOI: https://doi.org/10.46964/jmarit.v11i2.1377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Maritim

Jurusan Kemaritiman, Politeknik Negeri Samarinda https://repository.binausadabali.ac.id/tes/
503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.