PERBANDINGAN PENERAPAN ALGORITMA TEORI RESPON BUTIR DAN FUZZY TSUKAMOTO PADA COMPUTERIZED ADAPTIVE TEST

Wahyuni - Wahyuni, Muhammad Fahmi

Abstract


Pada dasarnya sistem CAT (Computerized Adaptive Test)  hampir sama dengan sistem CBT (Computerized Based Testing) dimana test dilakukan melalui komputer, namun sistem CAT dapat merandom dan memberikan soal sesuai dengan kemampuan pesertanya. Jika peserta tes tersebut memiliki kemampuan rendah, maka sistem akan memberikan soal yang cenderung mudah. Sebaliknya, jika peserta tes memiliki kemampuan tinggi, maka sistem akan memberikan soal yang cenderung sulit.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode manakah yang paling tepat untuk diterapkan pada sistem Computerized Adaptive Test dalam pemberian butir soal kepada peserta tes sehingga menghasilkan hasil yang maksimal. Pemilihan butir soal dimulai dari  butir soal kedua sampai soal yang terakhir. Metode Teori Respon Butir atau Item Response Theory (IRT)pada penelitian ini menggunakan tiga parameter logistik (3PL). Metode analisis yang dilakukan berupa pengujian kepada responden secara manual, menggunakan sistem CAT dengan metode IRT dan menggunakan sistem CAT dengan metode Fuzzy Tsukamoto. Setelah dilakukan pengujian, maka dibandingkan hasil yang telah didapat dari masing-masing pengujian tersebut untuk mengetahui metode manakah yang paling baik untuk diterapkan pada sistem CAT ini. Hasil yang di dapat adalah metode IRT dan Fuzzy  sama-sama dapat diterapkan dalam sistem CAT, namun metode IRT lah yang lebih baik untuk diterapkan dibandingkan dengan metode Fuzzy Tsukamoto.


Keywords


Computerized Adaptive Test, Teori Respon Butir, Fuzzy Tsukamoto

Full Text:

PDF

References


S. Hadi, “Pengembangan Computerized Adaptive Test Berbasis Web,” Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2013.

A. Fatkhudin, M.F. Hidayatullah, “Membandingkan IRT Model 3PL Dengan IRT Model 4PL Untuk Penilaian Menggunakan Computerized Adaptive Test,” SAINTEKBU: Jurnal Sains dan Teknologi, Volume 9 No. 1 November 2016.

L. M. Anggrenita, I. Muslim, M.R.A. Saf, “Pengembangan Computerized Adaptive Test (CAT) Menggunakan Algoritma Fuzzy Dengan Metode Tsukamoto Berbasis Web”, Jurnal Aksara Komputer Terapan Politeknik Caltex Riau, Vol. 5, No. 1, Tahun 2016.

L. Erawan, S. Santosa, “Computer-Adaptive Test Dengan Pendekatan Item Response Theory Satu Parameter,” Jurnal Teknologi Informasi, Volume 5 Nomor 2, Oktober 2009, ISSN 1414-9999.

National Council on Measurement in Education.(n.d.). Glossary of Important Assessment and Measurement Terms. Retrieved October 27, 2017 from http://www.ncme.org/ncme/NCME/Resource_Center/Glossary/NCME/Resource_Center/Glossary1.aspx?hkey=4bb87415-44dc-4088-9ed9-e8515326a061#anchorA

Winarno, 2012, Pengembangan Computerized Adaptive Testing (CAT) Menggunakan Metode Pohon Segitiga Keputusan, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Tahun 16, Nomor 2, 2012.

Hidayat, A. N., Nuril, A. T., Anindita, A., 2017, Pengembangan Web Tool Computerized Adaptive Test Dengan Algoritma K-Means Untuk Clustering Soal Dan Pemilihan Butir Test Dengan Fuzzy Logic, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 4 Februari 2017, ISSN: 2302-3805.




DOI: https://doi.org/10.46964/justti.v12i2.347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Just TI (Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi)

Editor Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi - JUST TI

ISSN 2085-6458(print) | ISSN 2579-4310(online)
Published by Politeknik Negeri Samarinda
Managed by Information Technology Department - Jurusan Teknologi Informasi
Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan Samarinda 75131 - Kalimantan Timur - Indonesia
Email: just.ti@polnes.ac.id
OJS: http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/justi/index
Contact Person: Tien R Tulili (+6281254433003)


JUST TI - http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/justi is licensed under a Creative Common Attribute Share-Alike 4.0 International

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.