MEDIA PEMASARAN DIGITAL “LEMBAGA PERKREDITAN DESA ADAT PETANG”

Ni Made Kariati, Ni Nyoman Teristiyani

Abstract


Lembaga Perkreditan Desa(LPD) milik Desa Adat Petang saat ini memiliki beberapa produk seperti tabungan, kredit dan deposito. Kredit menjadi produk menarik karena berlokasi strategis dan memiliki beberapa keungulan dibandingkan perbankan, seperti kemudahan proses, lokasi dan faktor kedekatan masyarakat dengan lembaga milik desanya sendiri.

                Pertumbuhan organisasi dan peningkatan profit akan memacu manajemen terus berkinerja lebih baik. Prinsip ekonomi yang melakukan pengorbanank yang cenderung diminimalisir sebisa mungkin namun dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih besar harus dapat berjalan selaras dengan prinsip “Ngayah” yang diterapkan dalam organisisa Lembaga Perkreditan Desa Adat Petang.  Untuk menjaga Pertumbuhan dan keuntungan Lembaga maka diperlukan perluasan pasar dari LPD, melihat trend teknologi, effektivitas pemanfaatan media pemasaran, keuntungan media digital, maka Media Pemasaran Digital menjadi salah satu alternatif dalam mengekspansi pasar.

Tujuan jangka panjang yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah, memicu adanya trobosan pemanfaatan media digital dalam memperluas pemasaran LPD Desa Adat Petang. Serangkaian kegiatan yang dilakukan adalah mengikuti metode pengembangan SDLC yaitu perencanan, analisi, desain dan implementasi.  Tahap perencanaan dilakukan pengumpulan berbagai data dan informasi tentang LPD,informasi tentang produk-produk yang ditawarkan LPD, proses dalam melakukan transaksi. Tahap selanjutnya adalah membuatkan desain media pemasaran digital berbasis web,sehingga relevan dengan kebutuhan informasi bagi manajemen dan konsumen.

Keywords


LPl; Media; Pemasaran; digital; SDLC

Full Text:

PDF

References


Belch, G. E., & Belch, M. A. (2012). Advertising And Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. Boston, MA: Irwin/Mcgraw-Hill.Jogiyanto. H.M, 2015, Analisis & Disain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek

Dave Chaffey, Fiona E. Chadwick, R. Mayer, Dan Kevin Johnston. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implementation, And Practice.4. United States: Prentice Hall.

Duncan, T. (2002). IMC: Using Advertising And Promotion To Build Brands. Boston: Mcgraw-Hill

Duncan, T. (2005). Principles Of Advertising & IMC. Second Edition.Boston: Mcgraw-Hill Solomon, M. (2013). Consumer Behavior With Mymarketinglab. Harlow: Pearson Education.

Kariati, Ni Made, Ni Nyoman Teristiyani Winaya, And I Putu Karsana. 2017. “Analisis Desain Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kredit Di Lembaga Perkreditan Desa Adat Petang.” In Prosiding Sentrinov (Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif), , EB47-EB58.

Kotler, P., Scott, W. G., & Armstrong, G. (2013). Principle Of Marketing. Edinburgh: Pearson Prentice Hall.

La Moriansyah.,Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences Social Media Marketing: Antecedents And Consequences

Mcleod, Raymond, Jr. Management Information System, Englwood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall Inc, 1998

Nadya, Peran Digital Marketing Dalam Eksistensi Bisnis Kuliner Seblak Jeletet Murni, Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Vol.1, No.2, Oktober 2016 : 133-144 ISSN 2527 – 7502

Pradiani, Thereisa. 2017. “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan.” Jurnal Jibeka 11(2): 46–53.

Ruslan, R. (2008). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindopersada.

Scott-Morton,M. Principles Of Management Information System, New York; Mcgraw Hill, 1998

Theresia Pradiani, “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan”, JIBEKA VOLUME 11 NOMOR 2 FEBRUARI 2017 : 46 – 53 2017

Yenni Yuniarti ,Sarah Mauliana, “STRATEGI PEMASARAN PRODUK DIGITAL PRINTING PADA CV. FNB DIGITAL JAMBI (Marketing Strategy Of Digital Printing Product On CV. FNB Digital Jambi ), Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jambi, Vol 1 No.1 Januari – Maret 2012 ISSN: 2302-4682

https://duniabenangmerah.com/ pentingnya-media-pemasaran-digital-bagi-ukm-di-indonesia/, diakses tangal 23 Februari 2018

https://badungkab.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/35, diakses tanggal 6 Maret 2018




DOI: https://doi.org/10.46964/justti.v11i1.124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi

Editor Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi - JUST TI

ISSN 2085-6458(print) | ISSN 2579-4310(online)
Published by Politeknik Negeri Samarinda
Managed by Information Technology Department - Jurusan Teknologi Informasi
Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan Samarinda 75131 - Kalimantan Timur - Indonesia
Email: just.ti@polnes.ac.id
OJS: http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/justi/index
Contact Person: Tien R Tulili (+6281254433003)


JUST TI - http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/justi is licensed under a Creative Common Attribute Share-Alike 4.0 International

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.