PENENTUAN KONDISI DAN PROGRAM PEMELIHARAAN RUAS JALAN MENUJU LOKASI WISATA ANDALAN DI TIMOR

Melchior Bria, Anastasia H. Muda, Lodofikus Dumin

Abstract


Penambahan lapisan tebal perkerasan, sering menyebabkan masalah. Karena masalah ini studi teknologi Daur Ulang (Reclyment Asphalt Pavement-RAP) diperlukan. Analisis kondisi jalan dilakukan dengan melakukan survei di jalan-jalan, kondisi jalan menentukan nilai menggunakan RCI (Road Condition Index), dan analisis stabilitas berdasarkan RDS 70 (1989). Selanjutnya, evaluasi alternatif dalam bentuk program pemilu pemeliharaan menggunakan metode analisis kuantitatif subyektif menggunakan Analyticall Hierarchy Process (AHP). Hasil dari penelitian ini adalah pantai Lasiana mengalami kerusakan ringan, nilai RCI adalah 3,5; kondisi Kupang Tablolong, RCI adalah 7; RCI nilai segmen II adalah 2 (rusak berat); Batakte - Oenesu RCI adalah 2 (Heavy Kerusakan); Lakafehan - KOLAM Susuk RCI adalah 8 (Baik); KOLAM Susuk - Teluk Gurita RCI adalah 3 (Heavy Kerusakan); Maubesi Kefamenanu RCI adalah 7 (moderat); Soe Kapan nilai RCI adalah 6 (Rusak Ringan); Kapan Fatumnasi RCI adalah 2 (Rusak berat); dan Taman Doa nilai Oebelo dari RCI adalah 4 (sedikit rusak). Sedangkan evaluasi alternatif diperoleh prioritas penanganan jalan adalah program perbaikan jalan.

Kata kunci: Ruas jalan menuju lokasi wisata, Perawatan, perkerasan

Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum, 1976. “Manual Pemeriksaan Jalan”. Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Bahan Jalan.

Departemen Pekerjaan Umum, 1999. “Pedoman Perencanaan Campuran Beraspal Panas dengan Pendekatan Kepadatan Mutlak”.

Departemen Pekerjaan Umum, 1983. “Petunjuk Pelaksanaan Lapis Tipis Aspal Beton (Flexible Lataston)”.

Departemen Pekerjaan Umum, 2005. “Teknik Bahan Perkerasan Jalan”. Badan Penelitian dan Pengembangan Prasarana Transportasi.

Departemen Pekerjaan Umum, 2006. “Modul Perencanaan Campuran Beraspal Panas”. Badan Penelitian dan Pengembangan, Puslitbang Jalan dan Jembatan.

Filter, Ari, 2008. “Kuat Tarik dan Kuat Tekan dari Hot Rolled Asphalt (HRA) diukur pada suhu terkontrol”. Program Studi Teknik Sipil, Program Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Fuad, Yusuf. 2008. “Makalah Pavement Recycling”. PT. Conbloc Infratecno.

Hardiyatmo, H.C. 2007. “Pemeliharaan Jalan Raya”. Gajah Mada University Press.

Nicholls J.C, 1998, Asphalt Surfacing (Aguide to Asphalt Surfacings and Treatment Used for the Surface Course of Road Pavements).

Standar Nasional Indonesia 03-2417-1996. “Cara uji keausan agregat dengan mesin abrasi Los Angeles”.

Standar Nasional Indonesia 03-1737-1989. “Pelaksanaan Lapis Campuran Beraspal Panas”. Badan Litbang Dept. PU.

Soemino, dkk. 2006. “Pemeliharaan Jalan”. Bahan Kuliah Prog. Magister Manajemen Aset. FTSP – Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Sukirman, Silvia, 1995. “Perkerasan Lentur Jalan Raya”. Penerbit Nova Bandung.




DOI: https://doi.org/10.46964/inersia.v7i1.53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Inersia

Contact Person:

Daru Purbaningtyas, ST., MT.
Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Samarinda
Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan Samarinda 75131
Phone: +6285228660189
Email: tekniksipil@polnes.ac.id
503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.