DESAIN M-LEARNING POLITEKNIK MANUFAKTUR BANGKA BELITUNG

Riki Afriansyah, M Setya Pratama

Abstract


Perkembangan internet dan mobile menjadi sebuah kemudahan bagi para dosen dan mahasiswa dalam melakukan proses kegiatan belajar mengajar. Penerapan m-learning sangatlah penting bagi mahasiswa untuk belajar dan mendapatkan bahan ajar yang diberikan oleh dosen. Metode gaya belajar VAR (Visual, Audio, Read) memiliki peranan penting dalam kemudahan mahasiswa untuk memahami gaya belajar yang disukainya agar bahan ajar yang diberikan dapat dengan mudah dipahami. Politeknik Manufaktur Bangka Belitung (Polman Babel) sendiri belum menerapkan sistem e-learning. Diharapakan dengan penelitian desain m-learning Polman Babel ini dapat mempermudah mahasiswa untuk mendapatkan bahan ajar perkuliahan serta ujian online berbasis mobile. Dalam mendesain m-learning ini menggunakan model ADDIE serta melakukan evaluasi terhadap hasil desain m-learning yang telah dibangun. Hasil survei yang dilakukan dihubungkan dengan model TAM. Hasil evaluasi dari 44 responden diperoleh persepsi kemudahan penggunaan 82,14%, persepsi manfaat 82,06 % dan minat perilaku menggunakan teknologi 80,62%. Serta mahasiswa Polman Babel lebih menyukai gaya belajar visual dengan persentase 84,09 %, 6,82 % audio dan 9,09% read.

Keywords


m-learning; bahan ajar; VAR; ADDIE; model TAM

Full Text:

PDF

References


Hossein, M. (2015). Investigating user’s perspectives on e-learning: An integartion of TAM and IS success model. Journal Computers in Human Behavior, 45, 359-374.

Kimberly, M.(2014). Good IDEA: Instructional Design Model for Integrating Information Literacy. The Journal of Academic Librarianship, 40(3), 339-349.

Ligi, B., & Dr B. William, D. R. (2017). Mobile Learning In Higher Education. International Journal of Research - Granthaalayah, 5(4SE), 1–6.

Manal, A., Wafaa, H. D., Reem, M. B., Mona, A., & Malak ,S. (2015). The Impact of Learning Styles on Learner's Performance in E-Learning Environment. International Journal of Advance Computer Science and Application, 6(9), 24-31.

Mostafa, A., Hatem, M. Elsherif., & Khaled Shaalan. (2016). Investigating attitude towards the use of mobile learning in higher education. Journal Computers in Human Behavior, 56, 93-102.




DOI: https://doi.org/10.46964/justti.v10i2.111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi

Editor Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi - JUST TI

ISSN 2085-6458(print) | ISSN 2579-4310(online)
Published by Politeknik Negeri Samarinda
Managed by Information Technology Department - Jurusan Teknologi Informasi
Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan Samarinda 75131 - Kalimantan Timur - Indonesia
Email: just.ti@polnes.ac.id
OJS: http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/justi/index
Contact Person: Tien R Tulili (+6281254433003)


JUST TI - http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/justi is licensed under a Creative Common Attribute Share-Alike 4.0 International

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.