AJARINCODE : APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN BERBASIS WEB

Ni Gusti Ayu Putu Harry Saptarini, Reza Akbar Hidayat, Putu Indah Ciptayani

Abstract


Bahasa pemrograman merupakan suatu subjek yang sangat populer saat ini. Pembelajaran bahasa pemrograman dapat dilakukan melalui pendidikan formal maupun informal seperti lembaga kursus atau pembelajaran secara online. Pembelajaran secara online memberikan berbagai keunggulan, diantaranya biaya yang lebih murah, waktu yang fleksibel dan setiap peserta dapat menyesuaikan dengan kemampuan dan perkembangan belajarnya. AjarinCode dibangun untuk membantu para pembelajar online dalam memahami bahasa pemrograman, khususnya bahasa pemrograman website yang meliputi PHP, HMTL, CSS, dan MySQL. Aplikasi ini akan memberikan materi sesuai dengan level pemahaman peserta, dan di setiap akhir pembelajaran akan diberikan ujian online dengan metode pengacakan soal menggunakan algoritma Fisher-Yates. Dengan algoritma ini, maka urutan soal yang dimunculkan akan selalu berbeda antara setiap peserta dan ketika seorang peserta mengulangi ujian. Peserta yang telah menyelesaikan ujian, nantinya akan dapat menempuh materi pada level lebih lanjut.

Keywords


algoritma Fisher-Yates; pembelajaran online; pemrograman

Full Text:

PDF

References


Ade Ibijola & Abejila. (2012). “A Simulated Enhancement of Fisher-Yates Algorithm for Shuffling in Virtual Card Games Using Domain-Specific Data Structures”. Dept Of Computer Science, Nigeria.

Alhamidi. (2015). “Mengukur Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Atas Dengan Menggunakan Aplikasi Computer Based Testing (CBT)”, Dept STMIK Jayanusa Padang, ISSN : 2338-2724.

Arief Hidayat & Bayu Surarso. (2013). “Penerepan Aristektur Model View Controller (Mvc) Dalam Rancang Bangun Sistem Kuis Online Adaptif”. SENTIKA, 10, 57 – 64.

Budi Raharjo. (2016). “Modul Pemrograman Web (HTML, PHP, & MySQL)”, Edisi 3, Bandung: Modula.

Ekojono, Dyah Ayu Irawati, Lugman Affandi, & Anugrah Nur Rahmanto. (2017). “Penerapan Algoritma Fisher – Yates Pada Pengacakan Soal Game Aritmatika”. SENTIA, 9, 95 – 100.

Imam Haditama, Cepy Slamet, & Deny Fauzy Rahman. (2016). “Implementasi Algoritma Fisher-Yates dan Fuzzy Tsukamoto Dalam Game Kuis Tebak Nada Sunda Berbasis Android”. JOIN, 1, 51 – 58.

Mhd Arief Hasan, Supriadi, & Zamzami. (2017). “Implementasi Algoritma Fisher-Yates Untuk Mengacak Soal Ujian Online Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Universitas Lancang Kuning Riau)”. Jurnal Teknologi dan Sistem informasi, 3, 291 – 298.

Priyanto Hidayatullah & Jauhari Khairul Kawistara. (2017). “Pemrograman Web”. Edisi Revisi, Bandung:Informatika.

Samiaji Sarosa. (2017). “Metodologi Pengembangan Sistem Informasi”. Jakarta:Indeks.

Sidik & Betha. (2012). “Framework Codeigniter”, Bandung:Informatika.

Sugiarti, Yuni. 2013. Analisis dan Perancangan UML (Unified Modelling Language) Generated VB.6 Disertai Contoh Studi Kasus dan Interface Web. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suprapto. (2008). “Bahasa Pemrograman Untuk Sekolah Menengah Kejuruan”. Jakarta, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Kejuruan.

Tapan Kumar, et all. (2015). “File Encryption Using Fisher-Yates Shuffle”. Dept of Information Technology, India.




DOI: https://doi.org/10.46964/justti.v10i2.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi

Editor Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi - JUST TI

ISSN 2085-6458(print) | ISSN 2579-4310(online)
Published by Politeknik Negeri Samarinda
Managed by Information Technology Department - Jurusan Teknologi Informasi
Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan Samarinda 75131 - Kalimantan Timur - Indonesia
Email: just.ti@polnes.ac.id
OJS: http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/justi/index
Contact Person: Tien R Tulili (+6281254433003)


JUST TI - http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/justi is licensed under a Creative Common Attribute Share-Alike 4.0 International

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.