ANALISIS BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) SAMARINDA

Yulius Gessong Sampeallo, Noor Fachman Tjetje

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dan Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) di kota Samarinda. Penelitian ini menyertakan data-data responden yang membeli produk usaha kecil dan menengah di pusat penjualan produk UKM Samarinda yang menawarkan berbagai macan jenis produk baik produk makanan ringan, pakaian jadi dan souvenir dengan ciri khas Kalimantan.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat analisis Regresi Berganda dengan variabel independen yang meliputi Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), dan Promosi (X4), serta variabel dependen yaitu diprediksi/Pengambilan Keputusan bauran pemasaran. Pengujian instrumen dilakukan menggunakan uji validitas instrument; Uji reliabilitas; dan Uji korelasi. Untuk menentukan ketepatan model dilakukan pengujian asumsi klasik dilanjutkan dengan analisis regresi berganda baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Variabel eksogen (produk, harga, tempat, dan promosi) berpengaruh postif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keyword : Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Tempat, Promosi

Full Text:

PDF

References


Dharmmesta, BasuSwastha. 2008, ManajemenPemasaran, EdisiPertama, BPFE-YOGYAKARTA, Yogyakarta.

Kasmir, 2004, Pemasaran Bank. Pernada Media Group, Edisi Pertama, Jakarta.

Kotler, Philip and, Keller, Kevin Lane. 2008. ManajemenPemasaran, Edisi Ketiga Belas, PT GeloraAksara Pratama, Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2005, Marketing Analysis Made Esay, Edisi Pertama, PT Gramedia PustakaUtama, Jakarta.

Supranto,J. 2009. Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi ketujuh, PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta.

Sugiyono.2010. Statistik Nonparametris, Cetakan kedelapan,CVAlfabeta, Bandung.

Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen,CetakanKeempat, PT GramediaPustakaUtama, Jakarta.

UNDANG - UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 10 TAHUN 1998.

http://tatangmanguny.wordpress.com/2010/04/19/ukuran-sampel-rumus-slovin/

http://www.skripsizone.com : 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ekonomi, Sosial dan Bisnis

-------------------------------------------------------------------
 
Jurnal EKSIS
 
Editorial Secretariat:
 
Contact Person:
Sudarlan: +62 813-1942-0207
 
Jurusan Akuntansi
Politeknik Negeri Samarinda
 
Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan Samarinda 75131
 
Phone  : +62 541260588
Fax  : +62 541260355
Website : http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/eksis/
Email : jurnal_eksis@polnes.ac.id
 

-------------------------------------------------------------------

ISSN: 0216-6437 (PRINT)

ISSN: 2722-9327 (ONLINE)

-------------------------------------------------------------------

Creative Commons License
Jurnal EKSIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.