Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 8 F SMP Negeri 15 Palu
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF INDONESIAReferences
Al-Tabany, B.I., Trianto., “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif,. Progresif, dan Kontekstual,” Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2014
Hutapea.F, dan Motlan., “Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kemampuan berpikir kritis terhdap keterampilan proses sains siswa SMA,” Jurnal Pendidikan Pendidikan ilmu pengetahuan alam (IPA), Vol. 2, no. 3, pp. 55-62, 2009
Gunantara,Gd, Md Suarjana, dan Pt. Nanci Riastini., “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan MasalahMatematika Siswa Kelas V,” Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No. 1, 2014
Muhson, Ali., “Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem Based Learning,” Jurnal Kependidikan, Vol. 39, No. 2, pp. 171-182, 2009.
Ni Putu Suari, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA”, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, vol. 2, no. 3, pp. 241–247, 2018.
Yasmini, I. G. K., “Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar IPA,” Journal of Education Action Research, vol.5, no. 2, pp. 159-164, 2021
Aris shoimin., “Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013,” Yokyakarta: AR-ruz media, 2014
Kamdi, W. dkk., “Model- model Pembelajaran Inovatif. Malang,” Universitas Negeri Malang, 2007
Akbar, R.A., “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA tentang Cahaya dan Sifat Sifatnya. (Skripsi),” Universitas Pendidikan Indonesia, 2013
Hakim.A, dan Machruli Siburian., “Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi pokok suhu dan kalor di SMK Negeri 2 Pematang Siantar,” Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Pendidikan ilmu pengetahuan alam (IPA). vol. 4, no. 2, pp. 14-19, 2012
Hannum.F, Nurdin Bukit, “Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa,” Jurnal Inpafi, vol.2, no. 4, pp. 139-147, 2014
Juliani.R, Maria Firma S.Ginting. (2014) .Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Medan T.P 2012/2013.Jurnal inpafi 2(1)122-131.
Aini, R., Suyanti, R. D., & Hasibuan, S., “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kolaboratif dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Dewi Sartika T.P 2015 – 2016,” Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya Universitas Negeri Medan, pp. 964 – 972, 2017
Wena., “Perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan 5E learning cycle terhadap prestasi belajar dan kerja ilmiah pendidikan ilmu pengetahuan alam (IPA) siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang tahun ajaran 2013/2014,” Jurnal Pendidikan Pendidikan ilmu pengetahuan alam (IPA), vol. 2, no. 3, pp. 1-6, 2011
Yumarlin MZ., “Pengembangan Permainan Ular Tangga untuk Kuis Mata. Pelajaran Sins Sekolah Dasar,” vol.3, no.1, pp. 1-10, 2013
DOI: https://doi.org/10.46964/jtmp.v15i1.1887
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 MEDIA PERSPEKTIF : Journal of Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------
MEDIA PERSPEKTIF Indexed by :
---------------------------------------------------------
Published by:
PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
Jl. Dr. Ciptomangkusumo Kampus Gunung Lipan, Samarinda - Kalimantan Timur 75131
Telephone: (0541) 260588, Fax: (0541) 260355
Email: jurnalmediaperspektif@polnes.ac.id
Website: http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/mediaperspektif
e-ISSN : 2723-6099 p-ISSN: 1412-3819
=============================================================================================
This MEDIA PERSPEKTIF is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
=================================================================