PENYEBAB TERJADINYA SHORT CARGO PADA PROSES TRANSSHIPMENT BATU BARA DI MV PAN KYLA PADA PT PELAYARAN EKA IVANAJASA CABANG SAMARINDA
Abstract
Penyebab terjadinya Short Cargo pada proses Transshipment batu bara di MV Pan Kyla Pada PT Pelayaran Eka Ivanajasa Cabang Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan di PT Pelayaran Eka Ivanajasa Cabang Samarinda. Hasil penelitian ini untuk mengetahui penyebab terjadinya Short Cargo pada proses transshipment batubara di MV Pan Kyla pada PT Pelayaran Eka Ivanajasa Cabang Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil pembahasan penelitian penyebab terjadinya Short Cargo pada proses transshipment batubara di MV Pan Kyla diakibatkan oleh faktor cuaca, umur kapal, human error atau kesalahan manusia dan kurangnya skill surveyor dan hal-hal non teknis. Saran penulis pihak transshipment (Shipper) harus mengikuti kegiatan pengawasan dan pengecekan muatan di Tongkang maupun di Vessel dan menyediakan spear cargo sebelum melakukan proses transshipment.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anton.(1998). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, Edisi ketiga, Balai Pustaka. Jakarta.
David, F.R. (2011) Analisis Faktor Penghambat Pemuatan Batubara Dari Barge Ke Kapal (Gear Vessel) Pada PT Lalang Sarana Samudera Cabang Sangata, Politeknik Negeri Samarinda. Samarinda.
Suyono. (2005). Shipping: Pengangkutan Intermodal Ekspor Impor Melalui Laut. Jakarta: PPM 2005.
Istopo. (1999). Kapal dan Muatannya: Cetakan kedua, 1999 Jakarta Indonesia. Tentang “Kapal dan Muatannya”.
Sudjatmiko. (1995) Pengertian Muatan. Diakses pada hari selasa 26 Februari 2019, pada pukul 19.16 http://www.Maritimeworld.web.id/2011/04/Pengertianmuatan.html?m=1.
Arwinas. (1999). Pengertian Muatan. Diakses pada hari selasa 26 Februari 2019, pada pukul 19.16 http://www.Maritimeworld.web.id/2011/04/Pengertianmuatan.html?m=1.
Http://www.seputarkapal.com/2016/05/jenis-kapal-indonesia-fungsi.html.Diakses pada hari Senin, 17 Juni 2019, pada pukul 07.50 Wita.
Http://berau.prokal.co/read/news/43950-angkut-alat-berat-kapal. Diakses pada hari kamis 20 Juni 2019, pada pukul 08.30 Wita.
DOI: https://doi.org/10.46964/jmarit.v9i1.591
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Maritim
Jurusan Kemaritiman, Politeknik Negeri Samarinda