PENGARUH KOMUNIKASI DAN KOMPETENSI KERJA TERHADAP KINERJA PADA PT PELAYARAN EKA IVANA JASA CABANG SAMARINDA
Abstract
Pengaruh Komunikasi dan Kompetensi Kerja Terhadap Kinerja Pada PT Pelayaran Ekaivana Jasa Cabang Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi dan kompetensi kerja terhadap kinerja perusahaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 responden. Metode pengambilan data yang digunakan dengan cara peninjauan langsung terhadap proses pengisian data objek yang diteliti, data informasi dikumpulkan melalui kuisioner, mengadakan pengamatan secara langsung dalam proses pengisian data karyawan pada saat melaksanakan praktik darat di PT Pelayaran Ekaivana Jasa Cabang Samarinda. Hasil dari penelitian ini, berdasarkan uji simultan terbukti bahwa komunikasi dan kompetensi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pada perusahaan pada tingkat signifikasi 0,05. Hasil analisa regresi uji koefisien determinasi, didapatkan hasil variabel komunikasi dan kompetensi kerja mampu menjelaskan variabel dependen kinerja sebesar 9,31% dan sisanya 90,69% .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambar Teguh Sulistiyani dan Rosidah. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, Graha Ilmu: Yogyakarta.
Ardana, Komang et al. (2009). “Komunikasi Keorganisasian”.Yogyakarta : Graha
Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga. 2011.
Barry, Cushway. (2002). “Human Resource Management”. Jakarta PT Elex Media Kumputindo.
Birowo, Mathilda Amw. (2016). Mengembangkan Kompetensi Etis, Gramedia Widasarana Indonesia. Jakarta.
Devito, Joshep. (1997). “Komunikasi Antar Manusia”. Professional Books: Jakarta
Edy Sutrisno. (2009), “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Jakarta, Kencana Pernada Media Group
Effendy, Onong Uchjana. (2011). “Ilmu Komunikasi dan Praktik”, Bandung: Rosda Karya
Furiyandi. “Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap kinerja karyawan PT Marga Tirta kencana Bandung”. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia 2011.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 20. Penerbit Universitas di Ponegoro. Semarang.
Hasibuan, Malayu S.P 2008. “Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah”. Jakarta : Bumi Aksara.
Henry Simamora. 2001. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Edisi III,STIE YKPN, Yogyakarta.
Hidayat. 2007. Teknik Analisis Data.Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Hussein Fattah. 2017. Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai, budaya organisasi, perilaku pemimpin, dan efikasi diri, Penerbit Elmatera. Yogyakarta.
Hutapea, Parulian & Thoha, Nurianna. 2008. Kompetensi Plus teori, desain, kasus, dan penerapan HR serta organisasi yang dinamis, Terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Mangkunegara, P. Anwar, “Evaluasi Kinerja SDM”, Bandung : PT Rafika Aditama, 2010, Cet-Ke5.
Murty dan Hudiwinarsih, “Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja KaryawanBagian Akutansi”, Volume 2, No.2, 2012.
Rahma. (2010). Analisis Dampak Kompetensi Terhadap Kinerja pada Sektor Jasa, Jurnal. Kuala Lumpur.
Riduwan dan Akdon. (2013).“Rumus dan Data dalam Analisis Statistika”, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta.
Wahyuni, S. (2017). Pengaruh kompetensi dalam Penerapan Model Praktik Keperawatan Propesional di BRSUD Banjar Negara. Jurnal. Jawa Tengah.
Yadaruddin. (2014). Statistik Ekonomi: Aplikasi dengan Program SPSS Versi 20, Interpena.Yogyakarta.
Rohmah, Siti. (2015). Pengaruh Kompetensi dan Komunikasi, http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream.pdf. Diakses pada hari senin 18 maret 2019
DOI: https://doi.org/10.46964/jmarit.v10i1.570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Maritim
Jurusan Kemaritiman, Politeknik Negeri Samarinda