ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PELABUHAN BANGSALAE KECAMATAN PITUMPANUA KABUPATEN WAJO

Yusran Yusran, Yuniarni Yuniarni, Erna Erna

Abstract


Pelabuhan merupakan simpul transportasi yang menghubungan pulau dengan pulau, negara dengan negara bahkan antar benua, akan tetapi popularitas pelabuhan kalah dari pelayanan transportasi lainnya khususnya dari transportasi udara, hal ini tentunya berasal dari perbandingan pelayanan yang dirasakan konsumen saat menggunakan pesawat dengan menggunakan kapal laut, artikel ini bertujuan untuk menganalisa kualitas pelayanan pada pelabuhan Bangsalae Siwa menggunakan dimensi Servqual, pendekatan penelitian merupakan pendekatan kualitatif, analisis data menggunakan reduksi dan display, hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pelabuhan Bangsalae Siwa masih perlu berbenah dalam hal infrastruktur, SDM, dan keamanan dan kenyamanan masyarakat, tekhusus bagi masyarakat penyandang disabilitas.


Keywords


Transportasi, Pelabuhan, serqual

Full Text:

PDF

References


Basri, H. (2014). Using Qualitative Research in Accounting and Management Studies: Not a New Agenda. Journal of US-China Public Administration.

Marpaung. E. (2014) Strategi Peningkatan Pelayanan Pelabuhan Dalam Mendukung Sistem Logistik Nasional. Badan Litbang Perhubungan, Warta Penelitian Perhubungan, Vol 26, No. 1.

Miles, M. A. (1994). Miles and Huberman (1994)- Chapter 4.pdf. In Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook.

Mohamed, Z. M., Abdul Majid, A. H., & Ahmad, N. (2010). Tapping new possibility in accounting research, in qualitative research in accounting, Malaysian case. Penerbit Universiti Kebangsaan Malaysia, Kuala Lumpur, Malaysia.

Rofah, D. (2011). Konsep Dasar Disabilitas dan Pendidikan Inklusif, Disabilitas dan Pendidikan Tinggi. Pusat Studi Dan Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga.

Syafi’ie, M. (2014). Pemenuhan Aksesibilitas Bagi Penyandang Disabilitas. INKLUSI, 1(2), 269. https://doi.org/10.14421/ijds.010208

WHO and The World Bank. (2011). Information and Communication Standards, Making Information Accessible to People with Disabilities, diambil dari http:// www.mcss.gov.on.ca/documents/en/mcss/accessibility/ iasr_guides/info_en.pdf.




DOI: https://doi.org/10.46964/jmarit.v12i2.1719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Maritim

Jurusan Kemaritiman, Politeknik Negeri Samarinda https://repository.binausadabali.ac.id/tes/
503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.