PROSEDUR DARURAT PENANGANAN KAPAL KANDAS TERHADAP LCT. TOTAL III DI AREA BUOY 14 DAN BUOY 16 MENUJU SUNGAI LAIS DI PERAIRAN MAHAKAM
Abstract
Kandas adalah suatu keadaan darurat kapal yang disebabkan karena kandasnya suatu kapal pada dasar perairan baik secara sengaja ataupun tidak sengaja sehingga dapat membahayakan keselamatan jiwa manusia ,harta benda dan lingkungan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1)Prosedur darurat yang dilakukan untuk Penanganan kandasnya kapal LCT.TOTAL milik PT ASL Samarinda III,2)Faktor-Faktor internal dan eksternal Penyebab kandasnya kapal LCT.TOTAL III.Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif.Landasan teori yang digunakan oleh penulis dalam pengamatan ini berupa media buku, internet, materi pembelajaran dari kampus,dan sumber-sumber lain.Pengamatan ini mengambil lokasi di Area Buoy 14 dan Buoy 16 perairan mahakam.Hasil yang diperoleh dari pengamatan yang penulis lakukan adalah kandasnya kapal LCT.TOTAL III disebabkan oleh dua faktor penyebab yaitu Faktor Internal dan Eksternal.Adapun faktor Internalnya yaitu kurangnya ketelitian seorang Nahkoda dalam memperhatikan Chart Datum area yang di lewati,Daftar Pasang Surut,serta kurang terampilnya dalam berolahgerak di alur pelayaran sempit.Dan Faktor Eksternalnya yaitu Situasi alur,Arus,dan Angin .Prosedur darurat penanganannya yaitu Menyounding kedalaman air sungai ,membuang air ballast,menunggu air pasang dan melaporkan peristiwa kandasnya kapal kepihak kantor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Purwantomo, Agus Hadi & Dedy Sugiantoro. (2011). Emergency Prosedurs & SARS. Semarang: Politeknik Ilmu Pelayaran.
Purwantomo, Agus Hadi. (2009). Teknik Pengendalian dan Olah Gerak Kapal. Semarang: Politeknik Ilmu Pelayaran.
Saputra Datep Purwa. (2012). Prosedur Darurat dan SAR. Yogyakarta: Deepublish.
Soebakti (2013) Intisari Olah Gerak Kapal. Yogyakarta: Deepublish.
DOI: https://doi.org/10.46964/jmarit.v12i1.1517
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Maritim
Jurusan Kemaritiman, Politeknik Negeri Samarinda