PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN TARUNA DALAM KEPUTUSAN MEMILIH JURUSAN KEMARITIMAN POLNES
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap Keputusan Taruna dalam Keputusan Memilih Jurusan Kemaritiman POLNES. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei serta studi kepustakaan. Hasil yang ditemukan adalah bahwa masing-masing variabel dari marketing mix yaitu product (X1.1), Price (X1.2) Place (X1.3), Promotion (X1.4), People (X1.5), Physical Evidence (X1.6) dan Process (X1.7) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan taruna dalam memilih Jurusan Kemaritiman POLNES. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner yang diisi oleh 40 responden dan diolah dengan metode SEM dengan menggunakan Software SmartPLS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, Wahyu & Andry Herawati. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa dalam Memilih Sekolah Berbasis Enterpreneur (Studi pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya). Jurnal Ilmiah Administrasi Binis dan Inovasi. 309-325
Abdillah, W., & Jogiyanto. (2019). Partial Least Square (Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) dalam penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Pena.
Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep, Strategi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Chariyaton, dkk (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan Akademik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 267-276
Griffin, J. (2005). Customer Loyalty (Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan). Jakarta: Erlangga.
Iksan & Nailul Izzah. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Carrefour GKB Gresik. Jurnal Manajemen & Teknik Industri-Produksi. 127-138
Juhana, Dudung dkk (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan terhadap Kepuasan Mahasiswa di STMIK Mardira Indonesia Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Enterprenership, 1-15
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.
Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. (2010). Pemasaran Jasa (Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia). Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi III). Jakarta: Salemba Empat.
Mariska, Refi dkk. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih CU Cinta Kasih TigaPanah. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 31-46
Muhydin, Ujang. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan terhadap Keputusan Mahasiswa memilih Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Barat. Prosiding Seminar nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call for Papers UNISBANK.
Pakpahan, S.P. (2004). Persepsi Mahasiwa UPBJJ-UT Medan tentang Pelayanan Akademik dan Non Akademik yang diberikan oleh UPBJJ-Ut Medan. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 47-58.
Sugiyono. (2013). Statistika untu Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2011). Metodologi Penelitian Ekonomi. Yogyakarta: CAPS.
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tandjung, J. W., & Dkk. (2013). Stop Promotion Start Communication. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Thamrin, A., & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Kepuasan Pelanggan (Konsep, Pengukuran dan Strategi). Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Tjiptono & Chandra (2007) Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit ANDI
DOI: https://doi.org/10.46964/jmarit.v11i2.1374
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Maritim
Jurusan Kemaritiman, Politeknik Negeri Samarinda