KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN TARUNA/I JURUSAN KEMARITIMAN POLNES SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan administrasi dari staf Jurusan Kemaritiman terhadap taruna/I khususnya selama masa pandemi Covid-19 ini, dari hasil penelitian ditemukan bahwa dimensi kualitas layanan yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangible masing-masing berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan taruna/I Jurusan Kemaritiman, sehingga dapat disimpulkan bahwa meskipun sedang mengalami masa pandemi, tetapi kualitas layanan yang diterima tetap dapat memuaskan taruna/I Jurusan Kemaritiman. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Kemaritiman pada Program Studi Nautika, Teknika dan KPNK dengan jumlah sampel sebanyak 85 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner yang berisikan indikator dimensi kualitas layanan dan kepuasan pelanggan dengan skala likert. Analisis data menggunakan menggunakan metode SEM dengan software Partial Least Square (PLS).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, W., & Jogiyanto. (2019). Partial Least Square (Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) dalam penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Pena.
Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep, Strategi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Chariyaton, dkk (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan Akademik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 267-276
Griffin, J. (2005). Customer Loyalty (Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan). Jakarta: Erlangga.
Juhana, Dudung dkk (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan terhadap Kepuasan Mahasiswa di STMIK Mardira Indonesia Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Enterprenership, 1-15
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.
Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. (2010). Pemasaran Jasa (Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia). Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi III). Jakarta: Salemba Empat.
Pakpahan, S.P. (2004). Persepsi Mahasiwa UPBJJ-UT Medan tentang Pelayanan Akademik dan Non Akademik yang diberikan oleh UPBJJ-Ut Medan. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 47-58.
Sugiyono. (2013). Statistika untu Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2011). Metodologi Penelitian Ekonomi. Yogyakarta: CAPS.
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tandjung, J. W., & Dkk. (2013). Stop Promotion Start Communication. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Thamrin, A., & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Kepuasan Pelanggan (Konsep, Pengukuran dan Strategi). Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Tjiptono & Chandra (2007) Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit ANDI
DOI: https://doi.org/10.46964/jmarit.v11i1.1327
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Maritim
Jurusan Kemaritiman, Politeknik Negeri Samarinda