Penerapan Teknik Esia untuk Perbaikan Proses Bisnis pada Sistem Keuangan PDAM Kota Samarinda

Yunita Yunita, Pitrasacha Aditya, Alvin Hernanda Ekaputra

Abstract


Penelitian dilakukan untuk meningkatkan keefektifan dan keefisiensian sebuh proses bisnis yang berjalan dengan memperbaikinya, guna meningkatkan pendapatan kantor, dengan mengoptimalkan penggunaan sumber daya manusia dan barang. Penelitian ini dilakukan di PDAM kota samarinda. Dengan metode Business Process Improvement (BPI) dan permodelan proses bisnis yang berjalan dengan menggunakan Business Process Modeling Notation (BPMN). Perbaikan proses bisnis menggunakan teknik ESIA (Eliminate, Simplifly, Integrate, Automate). Dalam penelitian ini menggunakan Tujuh tahapan dari BPI yang pertama Studi Pustaka, yang ke dua pengumpulan data yang ketiga permodelan proses yang berjalan keempat penganalisaan proses bisnis yang berjalan kelima merekomendasikan proses bisnis yang baru keenam membuat perbandingan dari proses bisnis yang berjalankan dan proses bisnis yang diusulkan. Adapun hasil akhir dari penelitian ini yakni berupa ususlan proses bisnis yang lebih baik agar kinerja bagian keuangan pada PDAM kota samarinda menjadi lebih efektif dan efisien.


Keywords


Analisis, Teknik ESIA, Proses Bisnis

Full Text:

634-PDF

References


Rosing, M. Von, Scheel, H. Von, & Scheer, A.-W. 2015. The Complete Business Process Handbook: Body of Knowledge From Process Modeling to BPM, Volume I (1 st ed). San Francisco, CA, USA: Morgan Kaufmann Publishers Inc.

ER, Mahendrawathi. 2018. Business Process Management. Yogyakarta: C.V ANDI.

Permatasari, Merlien Yuliana. Aknuranda, Ismiarta. Setiawan, Nanang Yudi. 2018. Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis dengan Menggunakan Teknik Esia (Studi Kasus: Departemen Produksi PT XVZ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol: 2 (3). 1227-1236.

Briol, Patrice. 2010, Bpmn 2.0 Distilled. Morrisville, Carolina Utara, Amerika: Lulu.com.

Review, Harvard Business. 2010, Improving Business Processes Pocket Mentor. Amerika Serikat: Harvard Business Press.

Kristianto, Ellio Sabat. 2018. Pemikiran dasar BPI (Business Proces Improvement) ESIA (Eliminate, Simplifly, Integrate, Automate). Skripsi. Fakultas Komputer. Lampung. Universitas Mitra Indonesia.

Nugratama, Elmo. Putra, Gustian Rama. Savin, Muhammad. 2016. Business Process Reengineering Untuk Meningkatkan sistem keuangan pada institute kesenian Jakarta. Skripsi. Sistem Informasi. Jakarta. Universitas Bina Nusantara.

Studio, Bizagi. 2013, Bizagi Process Modeler, English: Bizagi.




DOI: https://doi.org/10.46964/justti.v13i2.634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Just TI (Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi)

Editor Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi - JUST TI

ISSN 2085-6458(print) | ISSN 2579-4310(online)
Published by Politeknik Negeri Samarinda
Managed by Information Technology Department - Jurusan Teknologi Informasi
Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan Samarinda 75131 - Kalimantan Timur - Indonesia
Email: just.ti@polnes.ac.id
OJS: http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/justi/index
Contact Person: Tien R Tulili (+6281254433003)


JUST TI - http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/justi is licensed under a Creative Common Attribute Share-Alike 4.0 International

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.