PENILAIAN KONDISI JALAN METODE PCI, SDI, DAN IRI PADA JALAN POROS SAMARINDA - BONTANG

muhammad salmani, ssn banjarsanti, ardina hariyani

Abstract


Penggunaan jalan khususnya di wilayah Kota Samarinda pada ruas jalan poros Samarinda - Bontang terus meningkat akibat pertumbuhan dan perkembangan kota serta laju penduduk. Dengan padatnya jumlah kendaraan yang melaluinya setiap hari jalan ini mengalami kerusakan permukaan jalan. Penilaian ini dilakukan untuk mengetahui nilai kondisi permukaan poros Samarinda - Bontang sepanjang 27,5 km. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Pavement Condition Index (PCI), metode Surface Distress Index (SDI), dan metode International Roughness Index (IRI) dengan aplikasi RoadLab Pro. Survei dilakukan dengan total panjang jalan adalah 14.1 km. Hasil penilaian dari metode PCI, pada Jl. Ahmad Yani 2 didominasi oleh kondisi baik menurut PCI dan sedang menurut SDI juga IRI. Pada Jl. DI Panjaitan didominasi oleh kondisi baik menurut PCI dan SDI namun kondisi sedang menurut IRI. Untuk Jl. Poros Samarinda-Bontang Segmen 1 didominasi oleh kondisi baik menurut PCI juga SDI dan kondisi sedang menurut IRI. Untuk segmen 2 didominasi oleh kondisi rusak ringan menurut PCI dan kondisi sedang menurut SDI juga IRI. Untuk segmen 3 didominasi oleh rusak berat menurut IRI dan kondisi sedang menurut SDI dan IRI. Untuk segmen 4 didominasi oleh rusak berat menurut PCI juga SDI dan rusak ringan menurut IRI

Keywords


evaluasi kerusakan jalan, PCI, SDI, IRI

Full Text:

Untitled PDF

References


ASTM D 6433-0., 2007. Standard Practice for Roads and Parking Lot Pavement Condition Index Surveys, USA.

Bina Marga. "Manual Pemeriksaan Perkerasan Jalan dengan Alat Bengkelman Beam No. 01/MN/B/1983." Jakarta, Indonesia: Dinas Pekerjaan Umum, 1983.

Direktorat Jendral Bina Marga. 1995. Manual Pemeliharaan Rutin untuk Jalan Nasional dan Jalan Provinsi, Jilid II : Metode Perbaikan Standar. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Hardiyatmo, Hary C. Pemeliharaan Jalan Raya, Edisi Kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2015.

Lule, Arjol dan Shkelqim Daja. "Comparing Different Equipment and Applications in Pavement Data Collection as Part of Road Management System". European Journal of Engineering and Formal Sciences, ISSN 2601-6311, Volume 3 Issue 3. September 2019.

Octavia, Syarifah Nur. "Analisis Penerapan Metode International Roughness Index (IRI) Menggunakan Aplikasi RoadLab Pro Dan Surface Distress Index (SDI) Sebagai Dasar Penentuan Kondisi Fungsional Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Pakah - Pucangan - Gesikraharjo Sta 1+872 s/d 2+372)." Tesis, Program Studi Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Surabaya, 2020.

Shahin, M.Y. Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots. Chapman & Hall. New York, 1994.

Umi Tho'atin, Ary Setyawan, Mamok Suprapto. "Penggunaan Metode International Roughness Index (IRI), Surface Distress Index (SDI) Dan Pavement Condition Index (PCI) Untuk Penilaian Kondisi Jalan Di Kabupaten Wonogiri." Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2016 TS - 010, November 2016.




DOI: https://doi.org/10.46964/inersia.v13i2.925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inersia

Contact Person:

Daru Purbaningtyas, ST., MT.
Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Samarinda
Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan Samarinda 75131
Phone: +6285228660189
Email: tekniksipil@polnes.ac.id
503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.