Analisa Accident Rate Simpang Jalan Otto Iskandardinata – Sultan Sulaiman - Sultan Alimuddin Kota Samarinda

Ibayasid Ibayasid, Muhammad Ahlul Hurum, Daru Purbaningtyas

Abstract


Kondisi lalu lintas pada simpang tiga Jalan Otto Iskandardinata, Sultan Sulaiman dan Sultan Alimuddin sangat padat karena merupakan salah satu jalan menuju Kabupaten Kutai Kartanegara serta akses menuju Jembatan Mahkota 2. Simpang tiga tersebut memiliki kondisi jalan yang curam pada tanjakan/turunan serta memiliki tikungan yang cukup tajam sehingga rawan kecelakaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pelayanan, accident rate dan blackspot pada jalan dan simpang tiga tersebut. Perhitungan tingkat pelayanan mengacu pada MKJI1997, perhitungan accident rate digunakan untuk mengetahui tingat kecelakaan serta metode CUSSUM dan EAN untuk mengetahui apakah daerah tersebut rawan kecelakaan (blackspot) atau tidak. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa ruas jalan dan simpang tiga jalan Otto Iskandardinata, Sultan Sulaiman dan Sultan Alimuddin termasuk dalam kategori daerah rawan kecelakaan (blackspot), memiliki tingkat pelayanan yang rendah dan memiliki nilai accident rate yang cukup tinggi. Serta nilai accident rate tidak dipengaruhi oleh tingkat pelayanan ruas jalan dan simpang tiga tersebut.

Keywords


accident rate, blackspot, simpang tiga, tingkat pelayanan

Full Text:

PDF

References


Austroad, 1992. Road Crashes, Guide and Traffic Engineering Practice Part 4. Sydney.

Direktorat Jendral Bina Marga,1997 Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum: Jakarta.

Pignataro, L.J. 1973. Traffic Engineering Theory and Practice. New York: Printice Hall.

Pujiastutie, Elly Tri. 2006. Pengaruh Geometrik Jalan Terhadap Kecelakaan Lalulintas Di Jalan Tol. Universitas Diponegoro: Semarang.

Ramadhana, Zahrul. 2012. Identifikasi Penyebab Kecelakaan Dan Solusi Penanggulangannya Pada Jalan Arteri (Studi Kasus Jalan Urip Sumoharjo). Universitas Hasanuddin: Makassar.

Republik Indonesia. 1993. Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 1993 tentang Kecelakaan Lalulintas. Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 2004. Undang-Undang No. 38 Tahun 2004 tentang Undang-Undang Jalan. Sekretariat Negara. Jakarta.

Samarinda Dalam Angka. 2018. Badan Pusat Statistik (BPS).




DOI: https://doi.org/10.46964/inersia.v13i1.697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Inersia

Contact Person:

Daru Purbaningtyas, ST., MT.
Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Samarinda
Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan Samarinda 75131
Phone: +6285228660189
Email: tekniksipil@polnes.ac.id
503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.