ANALISA SIMPANG TENGKAWANG KOTA SAMARINDA BERDASARKAN PKJI 2014 DAN APLIKASI VISSIM 9.0

Ibayasid Ibayasid, Daru Purbaningtyas, Annisa Dinda Vierza Primadita

Abstract


Simpang Tengkawang yaitu simpang bersinyal di Jalan Tengkawang, Jalan Teuku Umar, Jalan M.Said, Jalan M.T Haryono merupakan salah satu simpang yang cukup padat di kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja simpang tersebut menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014) dan disimulasikan dengan software VISSIM (Verkehr Städten SIMulationsmodell), dengan pengambilan data primer berupa survei yang dilakukan selama tiga hari pada jam sibuk. Analisis simpang, volume kendaraan dan cycle time menggunakan pemodelan VISSIM. Hasil perhitungan dengan metode PKJI diperoleh bahwa analisa kinerja simpang dengan nilai Tingkat Pelayanan F (gerak maju kendaraan tersendat dan waktu siklus yang panjang) dengan nilai tundaan rata-rata 73,08 detik/skr. Dan hasil  simulasi VISSIM diperolah kinerja simpang dengan nilai tingkat pelayanan E (aliran tidak stabil penundaan yang tak tertahankan) dengan nilai tundaan rata-rata 72,04 detik. Kinerja ruas jalan untuk ketiga lengan pada perhitungan PKJI memiliki nilai Level Of Service C dan Level Of Service D untuk lengan jalan M.Said, pada simulasi VISSIM memiliki nilai Level Of Service E untuk keempat lengan. Maka kondisi Simpang Tengkawang saat ini dalam kondisi tidak baik.

Keywords


Level of Service, PKJI, Simpang Tengkawang, Tundaan, VISSIM.

Full Text:

PDF

References


Anita, Dwi & Lintong Elisabeth, M.J Paransa. (2015). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jalan 17 Agustus – Jalan Babe Palar Kota Manado. Jurnal Sipil Statik Vol.3, No.9. Manado

Badan Pusat Statistik Kota Samarinda. (2020). Statistik Daerah Kota Samarinda Tahun 2020.

Direktorat Jendral Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Bina Karya. Jakarta : Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Direktorat Jendral Bina Marga. (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Bina Karya. Jakarta : Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Lumintang, Gland Y.B, dkk. (2013). Kinerja Lalu Lintas Persimpangan Lengan Empat Bersignal (Studi Kasus : Persimpangan Jalan Walanda Maramis Manado). Jurnal Sipil Statik Vol. 1, No. 3. Manado.

Pemerintah Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Jakarta : Sekretariat Negara.

Peraturan Menteri Perhubungan RI No.96 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas.

PTV Group. (2011). PTV Vissim 9 User Manual. Germany.

Highway Capacity Manual (2010). Transportation Research Board.

Raharjo, Kamidjo, dkk. (2017). Evaluasi Kinerja Persimpangan Jalan Gajayana – Jalan Simpang Gajayana Malang. Jurnal Sondir Vol. 1. Malang.

Styawan, Aris, dkk. (2019). Analisis Dampak Lalu Lintas Revitalisasi Pasar Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Teks Vol. 2, No. 2. Kediri.




DOI: https://doi.org/10.46964/inersia.v13i2.1305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inersia

Contact Person:

Daru Purbaningtyas, ST., MT.
Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Samarinda
Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan Samarinda 75131
Phone: +6285228660189
Email: tekniksipil@polnes.ac.id
503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.