PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA DI JURUSAN KEMARITIMAN POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA

Doddy Adhi Mursandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh lingkungan kerja dari suatu perusahaan terhadap motivasi kerja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada Jurusan Kemaritiman Politeknik Negeri Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai yang terdiri dari Dosen dan Tenaga Kependidikan dengan jumlah 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial, analisis statistik inferensial yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Variabel lingkungan kerja fisik mempunyai pengaruh yang signifikan dan berpengaruh positif terhadap variabel motivasi kerja dan variabel lingkungan kerja non fisik mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel motivasi kerja.. Lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja yang berarti bahwa jika lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik berjalan dengan baik secara bersama-sama, maka akan meningkatkan motivasi kerja  pegawai di jurusan kemaritiman politeknik negeri samarinda.


Keywords


Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja

Full Text:

PDF

References


Creswell., John W. 2010. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daulay, R. 2014. Pengaruh Kompetensi dan Etika Kerja Terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya pada Kinerja Pegawai Negeri Sipil Kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai, Jurnal. Jakarta.

Gitosudarmo, lndriyo, 2000. Manajemen Sumberdaya Manusia. Gajahmada University Press. Yogyakarta.

Mangkunegara, Anwar P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, Perusahaan Penerbit Rosda Karya. Bandung.

Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi. Alih Bahasa oleh: Benyamin Molan. Cetakan I. Indonesia: PT.Indeks

Sedarmayanti. 2010. Pengembangan Kepribadian Pegawai. Bandung: CV Mandar Maju.

Sedarmayanti. 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Sihombing. 2004. Pengaruh Keterlibatan Pengambilan Keputusan Penilaian Pada Lingkungan Kerja dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Kerja Pamong Praja. Http://www.du[pdiknas.go.id. Diakses 2 Februari 2014

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta Bandung.

Wibowo, Edi dan Susilowati, Wiwik. 2010. Pengaruh kepemimpinan, Organizational Citizenship Behaviour, dan Komitmen Organisasional terhadap Kepuasan Kerja Pegawai dalam Journal Ekonomi dan Kewirausahaan (Online), Vol. 10. No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Maritim

Jurusan Kemaritiman, Politeknik Negeri Samarinda