IMPLEMENTASI K3LL (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA SERTA LINDUNG LINGKUNGAN) DALAM PROSES BUNKER KAPAL SPOB (SELF PROPELLER OIL BARGE) DI PT CINDARA PRATAMA LINES BALIKPAPAN

Arditiya Arditiya

Abstract


Implementasi K3LL (Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lindung Lingkungan) merupakan suatu upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, dan bebas dari pencemaran lingkungan. Upaya tersebut dapat mengurangi atau mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja sehingga dapat meningkatkan efesiensi dan produktivitas kerja. Kegiatan pendistribusian BBM atau bunker merupakan kegiatan yang memiliki potensi bahaya dan kecelakaan kerja yang tinggi, untuk itu diperlukan adanya implementasi K3LL. Salah satu perusahaan yang telah menerapkan implementasi K3LL dalam proses bunker, yaitu di PT Cindara Pratama Lines Balikpapan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi K3LL di lingkungan kerja PT Cindara Pratama Lines dalam proses bunker kapal SPOB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi K3LL di lingkungan kerja PT Cindara Pratama Lines dalam proses bunker kapal SPOB. Metode dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan jenis pendekatan kualitatif. Teknik pemerolehan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Cindara Pratama Lines telah memiliki kebijakan K3LL dengan melaksanakan beberapa program kerja, namun masih terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh crew kapal, karena tingkat kesadaran crew akan implementasi K3LL yang masih rendah.


Keywords


implementasi, K3LL, bunker

Full Text:

PDF

References


Ahmad, E. (2014). Desain self-propelled oil barge (spob) untuk distribusi bahan bakar minyak (bbm) di kepulauan kabupaten sumenep. Skripsi Institut Teknologi Sepuluh Nopember. http://repository.its.ac.id/42494/ Diakses pada 20 Maret 2020.

Hebri, W. (2018). Pentingnya peran chief engineer Ketika proses bunker dalam menunjang keselamatan di atas kapal MT Sungai Gerong. Skripsi PIP Semarang. http://repository.pip-semarang.ac.id/1283/ Diakses pada 5 Maret 2020

Kusuma, I.B., & Darmastuti. I. (2010). Pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja karyawan PT Bitratex industries semarang. Jurnal Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id Diakses pada 9 Juli 2020.

Mohammad, M. (2018). Analisa penanganan bongkar bahan bakar minyak di depo pertamina semarang melalui pelabuhan tanjung emas. Skripsi PIP Semarang. http://repository.pip-semarang.ac.id/716/ Diakses pada 10 Maret 2020.

Pratama, C. (2019). Analisis kerugian volume bahan bakar MDO pada saat bunker di MV Tamasek Attaka. Skripsi PIP Semarang. http://repository.pip-semarang.ac.id/1811/ Diakses pada 24 Februari 2020.

Soleh, N. (2013). Implementasi keselamatan dan Kesehatan kerja. Skripsi Universitas Muhamadiyah Purwokerto. http://reporsity.ump.ac.id/ Diakses pada 20 Februari 2020.

Syakhroni, dkk. (2007). Pengukuran tingkat implementasi sistem manajemen keselamatan, Kesehatan kerja & lindung lingkungan (smk3ll) pada lingkungan industri kecil di semarang. Laporan Penelitian Universitas Islam Sultan Agung Semarang. http://research.unissula.ac.id/pages/penelitian Diakses pada 20 Februari 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Maritim

Jurusan Kemaritiman, Politeknik Negeri Samarinda