PENGELOMPOKAN SEKOLAH DASAR DI KOTA SAMARINDA BERDASARKAN INDIKATOR STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENDIDIKAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS

Tien Rahayu Tulili, Karyo Budi Utomo, Dwi Lestari

Abstract


Kualitas pelayanan pada sekolah menentukan tingkat keberhasilan pelayanan suatu pendidikan. Berdasarkan data dari dinas pendidikan tahun 2015, jumlah sekolah dasar di Kalimantan Timur khususnya kota Samarinda adalah 222 sekolah dasar. Standar pelayanan minimal pendidikan merupakan suatu acuan untuk penilaian kinerja pelayanan pendidikan. Terdapat enam kategori dalam SPM yaitu sarana dan prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan, kurikulum, penjaminan mutu pendidikan, penilaian pendidikan, dan manajemen sekolah. Masing-masing kategori memiliki indikator pencapaian untuk dijadikan acuan menilai capaian SPM yang telah dilakukan oleh tiap sekolah. Jumlah data yang banyak dapat memperlambat proses untuk mengetahui kelompok sekolah dasar dengan tingkat capaian standar pelayanan minimal yang baik. Oleh karena itu, untuk mempercepat proses tersebut maka dapat dilakukan sebuah proses dalam pengelompokan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan capaian terhadap standar pelayanan pada Sekolah Dasar sehingga dapat diketahui sekolah dengan tingkat capaian yang kurang, sedang, dan baik. Pengelompokan terhadap capaian tersebut dilakukan dengan menggunakan metode K-Means yang merupakan algoritma Clustering non hirarki. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap tingkat capaian standar pelayanan pada sekolah dasar, terdapat tiga cluster yaitu terdapat 194 sekolah yang masuk dalam kategori Baik, 17 sekolah yang masuk dalam kategori Sedang, dan 11 sekolah yang masuk dalam kategori kurang dengan nilai squared error sebesar 32.2505.


Keywords


Standar pelayanan minimal; Clustering; K-Means;

Full Text:

PDF

References


Agustin, F. E., Fitria, A., & S, A. H. (2015). Implementasi Algoritma K-Means Untuk Menentukan Kelompok Pengayaan Materi Mata Pelajaran Ujian Nasional. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA VOL. 8, NO. 1, 73-78.

Darmi, Y., & Setiawan, A. (2016). Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk. Jurnal Media Infotama Vol. 12, No.2, 148-157

Suprawoto, T. (2016). Klasifikasi Data Mahasiswa Menggunakan Metode K-Means Untuk Menunjang Pemilihan Strategi Pemasaran. Jurnal Informatika dan Komputer (JIKO) Vol. 1, No. 1, 12-18.

Irtawaty, A. S. (2017). Klasifikasi Penyakit Ginjal dengan Metode K-Means. JURNAL TEKNOLOGI TERPADU Vol. 5, No. 1, April 2017, 49-53.

Talakua, M. W., Leleury, Z. A., & Talluta, A. W. (2017). Analisis Cluster Dengan Menggunakan Metode K-Means Untuk Pengelompokkan Kabupaten/Kota Di Provinsi Maluku Berdasarkan Indikator Indeks Pembangunan Manusia Tahun 2014. Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan Vol. 11, No. 2, 119-128

Nasari, F., & Sianturi, C. J. (2016). Penerapan Algoritma K-Means Clustering Untuk Pengelompokkan Penyebaran Diare Di Kabupaten Langkat. Cogito Smart Journal Vol. 2, No. 2, Desember 2016, 108-119.

Nur, F., Zarlis, P., & Nasution, D. B. (2017). Penerapan Algoritma K-Means Pada Siswa Baru Sekolah Menengah Kejuruan Untuk Clustering Jurusan. Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan Vol 1, No.2, Maret 2017, 100-105.

Putri, D. E. (2015). Metode Non Hierarchy Algoritma K-Means Dalam Mengelompokkan Tingkat Kelarisan Barang (Studi Kasus : Koperasi Keluarga Besar Semen Padang). Seminar Ilmiah Nasional Teknologi Komputer (SENATKOM 2015) Vol.1, Oktober 2015, 36-41.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15vTahun 2010 Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2018, Juli 19). Diambil kembali dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kelompok

Asroni, & Adrian, R. (2015). Penerapan Metode K-Means Untuk Clustering Mahasiswa Berdasarkan Nilai Akademik Dengan Weka Interface Studi Kasus Pada Jurusan Teknik Informatika UMM Magelang. Jurnal Ilmiah Semesta Teknika Vol. 18, No. 1, 76-82.

Suyanto. (2017). Data Mining Untuk Klasifikasi Dan Klasterisasi Data . Bandung: Informatika Bandung.




DOI: https://doi.org/10.46964/justti.v11i2.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi

Editor Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi - JUST TI

ISSN 2085-6458(print) | ISSN 2579-4310(online)
Published by Politeknik Negeri Samarinda
Managed by Information Technology Department - Jurusan Teknologi Informasi
Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan Samarinda 75131 - Kalimantan Timur - Indonesia
Email: just.ti@polnes.ac.id
OJS: http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/justi/index
Contact Person: Tien R Tulili (+6281254433003)


JUST TI - http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/justi is licensed under a Creative Common Attribute Share-Alike 4.0 International

https://iedi.edu.br/wp-includes/sigma/https://investigacion.indoamerica.edu.ec/wp-includes/sigma/https://db2.iaesprime.com/https://db.iaesprime.com/https://ojs.nbu.edu.sa/files/sigmaslot/https://www.teknika-ftiba.info/teknika/sigma/https://www.teknika-ftiba.info/jurnal/mpo/https://www.teknika-ftiba.info/ojs/pasarantogel2/https://www.unjc.cu/depo10k/https://untref.edu.ar/uploads/demo/gates-of-olympus/https://untref.edu.ar/uploads/demo/sweet-bonanza/https://fjot.anfe.fr/https://tokorumput.com/wp-content/slot-depo-10k/https://classyfm.co.id/frontend/sigmaslot/https://nrais.dgda.gov.bd/public/pasarantogel2https://revistas.unap.edu.pe/demo-slot-zeus-vs-hades/https://revistas.unap.edu.pe/slot-kamboja-bet-100/https://jltl.com.tr/zeus-slot/https://mediapencerahanbangsa.co.id/https://optimum.uwb.edu.pl/docs/mpo/https://newhealthconcept.net/wp-includes/demo-slot-zeus-vs-hades/https://sijms.szabist-isb.edu.pk/wp-includes/pasarantogel2/https://journals.asmarya.edu.ly/pasarantogel2/https://pdamindramayu.co.id/images/luar/https://pdamindramayu.co.id/demo/https://learning.modernland.co.id/git/slot-depo-10k/https://newhealthconcept.net/wp-content/akun-pro-kamboja/https://bundamediagrup.co.id/zeus/https://bundamediagrup.co.id/luar-negeri/https://bundamediagrup.co.id/maxwin-pragmatic/https://bundamediagrup.co.id/khmer/slot/https://khnnra.edu.ua/wp-includes/demo-slot-zeus-vs-hades/https://khnnra.edu.ua/wp-content/akun-pro-platinum/https://vtik.net/slot-kamboja/index.phphttps://aihc.amexihc.org/toto/http://himatikauny.org/wp-includes/zeus/https://iedi.edu.br/wp-includes/slot-kamboja-bet-100/https://iedi.edu.br/wp-content/bandito/https://www.unjc.cu/starlight-princess/https://www.unjc.cu/demo-slot-zeus-vs-hades/https://cstvcnmt.gialai.gov.vn/demo/https://sedimentologia.org.ar/slot-depo-10k/https://conference.vestnik-vsuet.ru/https://bundamediagrup.co.id/wp-includes/mpo/https://bundamediagrup.co.id/wp-includes/sv388/http://himatikauny.org/wp-includes/akun-pro-platinum/https://procesolocal2024.ieebcs.org.mx/vendor/zeus-vs-hades-demo/http://himatikauny.org/wp-content/slot-kamboja-bet-100/https://procesolocal2024.ieebcs.org.mx/js/https://journal.dntb.gov.ua/slot-depo-10k/https://fjot.anfe.fr/js/https://blog.indoamerica.edu.ec/wp-includes/slot-kamboja-bet-100/https://investigacion.indoamerica.edu.ec/wp-content/wild-bandito/https://portalderevistas.uam.edu.ni/public/zeus-vs-hades/https://portalderevistas.uam.edu.ni/public/pasarantogel2/https://perhepi.org/fae/akun-pro-jepang/https://ejournal.aibpmjournals.com/gates-of-olympus/https://ucardioj.com.ua/classes/https://ois.unsa.ba/wild-bandito/https://journals.qmu.ac.uk/controllers/https://journals.qmu.ac.uk/classes/https://ucardioj.com.ua/slot-depo-10k/https://journals.qmu.ac.uk/sv388/https://journals.qmu.ac.uk/api/depo-10k/https://ois.unsa.ba/slot-deposit-pulsa/http://103.165.243.97/doc/git/https://www.chiesadellarte.org/https://www.rollingcarbon.org/https://www.savebugomaforest.org/https://www.sigmaslot-profil.com/https://www.doxycycline365.com/https://thailottonew.site/https://hipnose.in/https://tennishope.orghttps://serenityprime.net/https://revista.farol.edu.br/uploads/pt2/https://civitic.indoamerica.edu.ec/wp-includes/pasarantogel2/https://journals.uol.edu.pk/classes/pasarantogel2/http://snabm.unim.ac.id/api/http://snabm.unim.ac.id/classes/slot-luar-negeri/http://103.165.243.97/doc/unsign/akun-pro-platinum/http://103.165.243.97/doc/word/mposlot/https://352spb.edusite.ru/slot-depo-10k/https://bundamediagrup.co.id/depo10k/https://loa.tsipil-uii.ac.id/sg-gacor/http://snabm.unim.ac.id/depo-10k/http://snabm.unim.ac.id/lib/slot-maxwin/http://103.165.243.97/doc/luar-negeri/http://103.165.243.97/doc/sign/slot-thailand/http://103.165.243.97/doc/before_tte/zeus-slot/https://appv2.tanahlautkab.go.id/doc/mpo/https://www.chuka.ac.ke/gates-of-olympus-1000/http://103.165.243.97/doc/kamboja/http://mysimpeg.gowakab.go.id/mysimpeg/bangkomplit/http://mysimpeg.gowakab.go.id/toto/http://mysimpeg.gowakab.go.id/mysimpeg/maxwin/https://jurnal.jsa.ikippgriptk.ac.id/public/luar/https://www.unjc.cu/sweet-bonanza/http://103.165.243.97/doc/dana/ 404 Not Found

Not Found

The requested URL was not found on this server.

Additionally, a 404 Not Found error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.