PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN WEBSITE MANAJEMEN TUGAS AKHIR DENGAN MEMANFAATKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IPA

Adi Pratomo, Agus Irawan, Mey Risa

Abstract


Website merupakan sebuah media yang saat ini banyak dipergunakan sebagai alat untuk memberikan pelayanan dan informasi. Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin saat ini telah mempergunakan website untuk berbagai keperluan, diantaranya adalah untuk mengelola pelaksanaan tugas akhir mahasiswa. Sistem informasi pengelolaan tugas akhir mahasiswa telah dipergunakan selama tiga tahun, namun sejak awal dijalankan yaitu pada tahun 2015 website sistem informasi tugas akhir belum pernah dilakukan evaluasi sehingga tidak diketahui bagaimana kualitas, tampilan dan fungsi website tersebut dari persepsi penggunanya. Informasi ini sangat dibutuhkan untuk melakukan perbaikan sistem yang saat ini telah berjalan berdasarkan persepsi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas website manajemen tugas akhir berdasarkan metode WebQual dengan dimensi Usability, Information, dan Service Interaction serta metode Importance-Performance Analysis (IPA) dengan pendekatan metode  penelitian  deskriptif  kuantitatif. Analisa diukur berdasarkan tingkat kinerja (performance) dan tingkat kepentingan (importance), dimana didapatkan hasil kesenjangan atau gap secara keseluruhan untuk semua dimensi dan total rata-rata. Nilai kesenjangan terbesar terdapat pada dimensi service interaction. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa website manajemen tugas akhir secara aktual dirasakan belum memenuhi kualitas ideal terutama yang berhubungan dengan service interaction. Hasil analisa selanjutnya dipergunakan sebagai acuan perbaikan sistem yang menekankan pada peningkatan faktor interaksi yang lebih jelas dan dapat dimengerti, kemudahan navigasi, perbaikan tampilan, kemudahan dipelajari dan dioperasikan.

Keywords


Importance-Performance Analysis; Kualitas; Website; WebQual

Full Text:

PDF

References


Al Baiti, A. (2017). Pengukuran Kualitas Layanan Website Dinas Pendidikan Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance And Performance Analysis (IPA)(Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Astuti, A. P., & Sari, P. K. (2016). Analisis Kualitas Website Lazada Indonesia Berdasarkan Metode Webqual 4.0 Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna. eProceedings of Management, 3(2).

Chomeya, R. (2010). Quality of psychology test between Likert scale 5 and 6 points. Journal of Social Sciences, 6(3), 399-403.

Santoso, B. S., Anwar, M. F., & Hermawati, S. (2016). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Situs Kaskus. In National Conference on Information Technology and Technical Engineering (CITEE).

Yogyakarta: citee.

Chaudhary, A. K., & Warner, L. A. (2016). Identifying Gaps Between Importance And Satisfaction To Identify Extension Clients Needs.

Delone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: a ten-year update. Journal of management information systems, 19(4), 9-30.

Irawan, C. (2012). Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah Dengan Menggunakan WebQual (Studi Kasus Pada Kabupaten Ogan Ilir). Jurnal Sistem Informasi, 4(2).

Juhanda, H., & Sari, P. K. (2014). Analisis Kualitas Website Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Menggunakan Pendekatan Webqual dan Importance Performance Analysis (IPA) Menurut Persepsi Online Seller. eProceedings of Management, 1(3).

Martilla, J. A., & James, J. C. (1977). Importance-performance analysis. The journal of marketing, 77-79.

Nistantya, G., Darwiyanto, E., & Hidayati, H. (2015). Evaluasi Kualitas Website Digital Library Telkom University Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis. eProceedings of Engineering, 2(3).

Pranoto, Y. A., Wibowo, S. A., & Rokhman, M. M. (2018). EVALUASI KUALITAS LAYANAN WEBSITE MALANGSTRUDEL. COM MENGGUNAKAN TEKNIK PENGUKURAN WEBQUAL 4.0. Prosiding SENIATI, 4(1), 174-179.

Ranitaswari, P. A., Mulyani, S., & Sadyasmara, C. A. B. (2018). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK KOPI DAN KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS (Studi Kasus Di Geo Coffee). JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI, 6(2), 147-157.

Sanjaya, I. (2012). Pengukuran Kualitas layanan website kementerian kominfo dengan menggunakan metode webqual 4.0. Jurnal penelitian iptek-kom, 14(1), 1-14.

Sastika, W. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) terhadap Keputusan Pembelian pada Website E-Commerce Traveloka (Studi Kasus: Pengguna Traveloka di Kota Bandung Tahun 2015). Nasional Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Global” Malang, 17 Mei.

Seng Wong, M., Hideki, N., & George, P. (2011). The use of importance-performance analysis (IPA) in evaluating Japan's e-government services. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 6(2), 17-30.

Setyorini, A. (2016). Analisa Pengukuran Kualitas Layanan Website Fakultas Teknik Universitas Janabadra Menggunakan Metode Webqual. Informasi Interaktif, 1(1), 26-33




DOI: http://dx.doi.org/10.46964/justti.v11i1.126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi

Editor Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi - JUST TI

ISSN 2085-6458(print) | ISSN 2579-4310(online)
Published by Politeknik Negeri Samarinda
Managed by Information Technology Department - Jurusan Teknologi Informasi
Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan Samarinda 75131 - Kalimantan Timur - Indonesia
Email: just.ti@polnes.ac.id
OJS: http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/justi/index
Contact Person: Tien R Tulili (+6281254433003)


JUST TI - http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/justi is licensed under a Creative Common Attribute Share-Alike 4.0 International