FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENABUNG DI BANK BRI SYARIAH SAMARINDA

Sigit Hartoko, Sailawati Sailawati

Abstract


Abstrak. Berdasarkan permasalahan yang muncul dalam penelitian ini, maka tujuan yang dapat ditempu dalam penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh produk, pengaruh harga, lokasi, promosi, terhadap minat nasabah menabung di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam peneli¬tian ini adalah menggunakan pendekatan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pengujian secara parsial menunjukkan bahwa produk berpengaruh signifikan terhapap minat nasabah sebesar 0,000 < 0,05, variabel harga tidak sig¬nifi¬kansi dengan nilai 0,939 > 0,05, dan variabel harga berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah sebesar 0,069 > 0,05 dan terahir variabel promosi ber¬penga¬ruh signifikan terhadap minat nasabah sebesar 0,00 < 0,005. Jika secara parsial lebih banyak berpengaruh signifikan, dapat diimpulkan, bahwa produk, harga, lokasi, promosi, secara simultan berpengaruh terhadap minat nasabah menabung di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Samarinda.

Full Text:

PDF

References


A. Rokhmatika and C. Afandy, “Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Metode Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, Capital (Rgec),” Manag. Insight J. Ilm. Manaj., vol. 12, no. 1, pp. 12–27, 2019, doi: 10.33¬369/¬insight.12.1.12-27.

M. Dewi, “Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Pendekatan Rgec (Risk Profile, Good Corporate Gover¬nance, Earnings, Capital),” Ihtiyath J. Manaj. Keuang. Syariah, vol. 2, no. 2, 2018, doi: 10.32505/ihtiyath.¬v2i2.¬710.

I. G. Ayu and E. Damayanthi, “Pada Perusahaan Perbankan Besar Dan Kecil Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univer¬sitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia sebagai lembaga intermediasi . Perbankan memediasi antara masya¬rakat yang yang berubah-ubah . Berdasarkan Laporan Kajian Stabilitas Keuang,” vol. 2, pp. 483–496, 2013.

T. J. Jaya, “Branding Perbankan Syariah Melalui Produk-Produk Pendanaan,” Islam. Bank. J. Pemikir. dan Pengemb. Perbank. Syariah, vol. 6, no. 1, pp. 69–80, 2020, doi: 10.36908/isbank.v6i1.133.

R. B. Faizal Irany Sidharta, “Optimalisasi Peran Perbankan Syariah Dalam Mendukung Wisata Halal,” Distrib. - J. Manag. Bus., vol. 5, no. 2, pp. 1–14, 2018, doi: 10.29303/jdm.v5i2.29.

F. R. Jayanthi, “NASABAH BANK SYARIAH ( Studi di Bank Muamalat Cabang Malang ) JURNAL ILMIAH Disusun Oleh :,” 2014.

C. A. Latif, “Pembiayaan Mudharabah Dan Pembiayaan Musyarakah Di Perbankan Syariah,” Akunt. Syari‟ah Fak. Syari‟ah dan Huk. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.

S. Tinggi and I. Ekonomi, “Pembiayaan Berdasarkan Prinsip Murabahah Pada Bank,” vol. 3, no. 2, pp. 69–79, 2019.

S. Terhadap, P. Informasi, N. Studi, and B. N. I. Syariah, “Factors That Influence The Quality Of Sharia Bank Website Ser¬¬vices,” vol. 6, no. 1, pp. 30–41.

Hasiara, La Ode, "Manajemen Keuangan Berbasis Hasil Penelitian. Malang: Tunggal Mandiri, 2015.

M. Sazzadur Rahman Khan, “Impact of Micro Finance Activities on the Economic Development of Bangladesh,” Int. J. Financ. Bank. Res., vol. 2, no. 1, p. 1, 2016, doi: 10.11648/j.ijfbr.20160201.11.

K. M. Anwarul Islam, “Mobile Banking Operations and Banking Facilities to Rural People in Bangladesh,” Int. J. Financ. Bank. Res., vol. 2, no. 4, p. 147, 2016, doi: 10.11648/j.ijfbr.20160204.14.

P. Olawale Odewole, “The Trends and Patterns of the Capital Structure and Performance of the Nigerian Banks,” Int. J. Financ. Bank. Res., vol. 2, no. 3, p. 72, 2016, doi: 10.11648/j.ijfbr.20160203.13.

Hasiara, La Ode, “Analisis Teori Keputusan Investasi, dan Analisis Ieverage Pemilihan Sumber Pendanaan Perusa¬haan,” vol. 8, no. 3, pp. 668–682, 2007, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Makmur; Hasiara, La Ode, “Jurnal Akuntansi Mmulti Dimensi,” J. Akunt. Multi Dimens., vol. 2, no. 2, pp. 82–88, 2019.

Hasiara, La Ode; and I. B. P. Suamba, “Education: Honesty, Discipline, Patience, and Ethics as Media in Implemen¬ting Government Financial Accounting in Samarinda, Indonesia,” SOSHUM J. Sos. dan Hum., vol. 10, no. 1, pp. 55–66, 2020, doi: 10.31940/soshum.v10i1.1718.

N. A. Labia et al., “Pada Pengguna Kartu Seluler Tri Dan Indosat Difference Analysis Of Brand Equity , Promotion Of Consumer Perceptions Of Jurnal EMBA Vol . 8 No . 4 Oktober 2020 , Hal . 865-872,” vol. 8, no. 4, pp. 865–872, 2020.

P. K. Pelayanan, H. Dan, K. Produk, B. Tombeng, and F. Roring, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Raja Oci Manado,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 7, no. 1, pp. 891–900, 2019, doi: 10.35794/emba.v7i1.22918.

P. D. Manado, F. Ekonomi, and J. Manajemen, “Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Royalâ€TMS Resto and Function Hall Di Kota Ternate,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 7, no. 1, pp. 871–880, 2019, doi: 10.35794/emba.v7i1.22917.

Hasiara, La Ode; Ahyar. M.Diah; Sudarlan, "Metode Penelitian Terapan Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Pendidikan Vokasi Khusus Humaniora, 1st ed. Malang, 2019.

W. J. Haryadi Sarjadi, “SPSS vs Lisrel Sebuah Pengantar Aplikasi Untuk Riset.” Salemba Empat, Jakarta., Jakarta Indonesia, pp. iii–210, 2011.

Hasiara, La Ode, "Penelitian Multi Kasus dan Multi Situs. Malang: Internasional Research and Development for Human Beings, 2019.

Hasiara, La Ode, "Buku Metode Penelitian Multi-Paradigma Satu (Membangun Reruntuhan Metode Penelitian Yang Berserakan), 1st ed. Malang, 2012.

Hasiara, La Ode; Usman; Makmur, “Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Laba Perusahaan Perbankan Yang Terdaf¬tar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2008-2013,” Prosiding, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2015, doi: 10.1017/-CBO9781107415324.004.

M. Dwi Sari, “History of Islamic Bank in Indonesia: Issues Behind Its Establishment,” Int. J. Financ. Bank. Res., vol. 2, no. 5, p. 178, 2016, doi: 10.11648/j.ijfbr.20160205.13.




DOI: https://doi.org/10.96964/jamdi.v3i3.762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JAMDI(Jurnal Akuntansi Multi Dimensi)

Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Samarinda.

Jl. Dr. Cipto Mangun Kusumo, Samarinda, Kalimantan Timur

email : jamdipolnes@gmail.com

contact : +6281350093832

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.