FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENABUNG MAHASISWA POLNES PADA BANK BRI KCP SAMARINDA SEBERANG

Yulius Gessong Sampeallo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan kepercayaan terhadap minat menabung mahasiswa politkenik negri samarinda pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero). Tbk KCP Samarinda Sebrang baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian adalah model penelitian kuantitatif. Metode pengum­pulan data menggunakan kuisioner online diukur dengan skala Likert. Metode analisis data menggunakan model analisis regresi linier berganda. Jumlah sampel penelitian se­banyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel promosi dan keper­cayaan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Secara simul­tan variabel kualitas pelayanan, promosi dan kepercayaan berpengaruh positif dan sig-ni-fikan terhadap minat menabung mahasiswa pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero). Tbk KCP Samarinda Seberang

 


Keywords


kuliatas pelayanan, promosi, kepercayaan, minat menabung mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Ikbal & La Ode Hasiara, “Analisis Pengaruh Npl, Ldr, Dan Nim Terhadap Harga Saham Pada Bank Umum Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018,” J. Akunt. MULTI Dimens. Vol., vol. 3, no. 3, pp. 560–572, 2021.

T. Sigit and B. Totok, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Edisi ke 2. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

I. Gitosudarmo, Manajemen Pemasaran edisi pertama. Yogyakarta:BPFE, 2000.

N. 10 T. 1998 and Undang-Undang, “(Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 1998),” p. 63, 1998.

I. A. Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta. Salemba Empat, 2002.

Kasmir, Analisis Laporan Keuangan. 2016.

M. K. La Ode Hasira, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menggunakan Electronic Money,” J. Akunt. multi Dimens., vol. 1, no. November, pp. 10–20, 2021.

dan E. H. Manullang, Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Indomedia Pustaka. Salemba Empat, 2016.

F. Tjiptono, Pemasaran Jasa. 2015.

B. Swastha, DH, Azas-Azas Pemasaran. Edisi Ketiga, Cetakan Ke. Yogyakarta, 2014.

Hasiara La Ode; Makmur; Usman, “Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Laba Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode Tahun 2008-2013,” Revolusi Keperilakukan Akuntan Untuk Mewujudkan Suatainable Dev., vol. 1, no. 10–23, 2015.

N. A. M. Hasiara La Ode, Martin Surya, “Management and Economics Journal,” vol. 2, no. 1, pp. 1–19, 2018.

M. S. L. O. Hasiara, “Jurnal akuntansi multi dimensi (jamdi),” vol. 1, no. November, pp. 10–20, 2021.

Hasiara La Ode, "Manajemen Keuangan Berbasis Hasil Penelitian. Malang, Jawa Timur Indonesia: Tunggal Mandiri, 2015.

F. Misprianti, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Frontliner dan Sarana Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Cimb Niaga Cabang Lippo Cikarang. Skripsi. Bekasi: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mulia Pratama,” 2015.

S. S. 2016 Faradisa, Cahyadi Wahyu., “Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa., Jurnal Academic Vol 02,” 2016.

I. Pramana and N. Rastini, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali,” None, vol. 5, no. 1, p. 250738, 2016.

Hasiara La Ode; Ahyar Muhammad Diah, “The Fishbone Model as an Alternative Approach in Government Accounting to Reach an Unqualified Opinion,” Int. J. Innov. Creat. Chang., vol. 13, no. 11, pp. 775–786, 2020, [Online]. Available: www.ijicc.net.

D. J. Priansa, Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2017.

E. E., Maharani. S., “Persepsi Petani Terhadap Teknologi Pengolahan Pakan di Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak. Jurnal Ekonomi Pertanian. Vol 09,” 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Hasiara La Ode; Ahyar M.Diah; dan Sudarlan, "Metode Penelitian Terapan Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Pendidikan Vokasi Khusus Humaniora, 1st ed. Malang, Jawa Timur Indonesia: CV IRDH, 2019.

Hasiara, "Buku Metode Penelitian Multi-Paradigma Satu (Membangun Reruntuhan Metode Penelitian Yang Berserakan), 1st ed. Malang: Darkah Media, 2012.

Imam Ghozali, Structural Equation Modeling, Teori, Konsep, & Aplikasi Dengan Program Lisrel.8,54. Semarang-Indonesia: Badan Penerbit Universitas DIp, 2005.

Jogiyanto Hartono, Pedoman : Survei Kuesioner Mengembangkan Kuesioner, Mengatasi Bias dan Meningkatkan Respon Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada Yoqyakarta, Indonesia, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.

Hasiara La Ode, "Penelitian Multi Kasus dan Multi Situs, vol. 1. Malang, Jawa Timur Indonesia, 2018.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2010.




DOI: https://doi.org/10.96964/jamdi.v4i2.1390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAMDI(Jurnal Akuntansi Multi Dimensi)

Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Samarinda.

Jl. Dr. Cipto Mangun Kusumo, Samarinda, Kalimantan Timur

email : jamdipolnes@gmail.com

contact : +6281350093832

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.