PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENGGUNA MOBILE BANKING BRI CABANG SAMARINDA

Nyoria Anggraeni Mersa

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pengguna mobile banking secara parsial maupun secara simultan. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer yang didapat secara langsung dari jawaban 100 responden yang merupakan pengguna mobile banking nasabah Bank Rakyat Indonesia aplikasi sebagai media transaksi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Metode ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Berdasarkan hasil penelitian melalui data statistik SPSS 25 for windows dengan fasilitas Cronbach alpha (ɑ). Secara parsial diketahui bahwa variabel kepercayaan nasabah tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung < ttabel yaitu 1,560 < 1,98472 dengan signifikansi sebesar 0,122 > 0,05. Sedangkan variabel kualitas layanan memiliki pengaruh yang  signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5,191 > 1,98472 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dan secara simultan, kedua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai Fhitung  > Ftabel yaitu 40,646 > 3,09. Pada uji determinasi, variabel independen yang digunakan mampu menjelaskan sebesar 44,5% dan selebihnya 55,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.


Keywords


mobile banking, kepercayaan nasabah, kualitas layanan, kepuasan nasabah

Full Text:

PDF

References


K. M. Anwarul Islam, “Rural Development Scheme: A Case Study on Islami Bank Bang-ladesh Limited,” Int. J. Financ. Bank. Res., vol. 2, no. 4, p. 129, 2016, doi: 10.11-648/j-.ijfbr.20160204.12.

M. Dwi Sari, “History of Islamic Bank in Indonesia: Issues Behind Its Establishment,” Int. J. Financ. Bank. Res., vol. 2, no. 5, p. 178, 2016, doi: 10.11648/j.ijfbr.20160205.13.

K. M. Anwarul Islam, “Mobile Banking Operations and Banking Facilities to Rural People in Bangladesh,” Int. J. Financ. Bank. Res., vol. 2, no. 4, p. 147, 2016, doi: 10.11648/j.ijfbr.-20160204.14.

P. Olawale Odewole, “The Trends and Patterns of the Capital Structure and Performance of the Nigerian Banks,” Int. J. Financ. Bank. Res., vol. 2, no. 3, p. 72, 2016, doi: 10.11648/j.-ijfbr.20160203.13.

Hasiara La Ode; Makmur, “PEngaruh Rasio Keuangan Terhadap Laba Perusahaan Perban-kan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode Tahun 2008-2013,” Revolusi Keperilakukan Akuntan Untuk Mewujudkan Suatainable Dev., vol. 1, no. 10–23, 2015.

Ikbal & La Ode Hasiara, “Analisis Pengaruh Npl, Ldr, Dan Nim Terhadap Harga Saham Pada Bank Umum Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018,” J. Akunt. Multi Dimens. Vol., vol. 3, no. 3, pp. 560–572, 2021.

Muhammad Kasim; La Ode Hasiara, “Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Penyaluran Kredit Pada Bank Persero Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018,” J. Akunt. Multi Dimens., vol. 2, no. 2, pp. 142–148, 2021.

M. K. La Ode Hasiara, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Mengguna-kan Electronic Money,” J. Akunt. multi Dimens., vol. 1, no. November, pp. 10–20, 2021.

Hasiara La Ode; Ahyar Muhammad Diah, “Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Pada Koperasi Daihatsu Cabang Samari,” Pros. Semin. Nas. Penelit. Pengabdi. Kpd. Masy. 2019, vol. 1, no. 1, pp. 90–95, 2019.

Makmur; La Ode Hasiara, “Analisis Rasio Menilai Kinerja Keuangan Pt Waskita Karya (Persero) Tbk Menggunakan Keputusan Menteri Bumn Nomor : KEP-100/MBU/2002,” J. Akunt. Multi Dimens., vol. 2, no. 2, pp. 82–88, 2019.

A. D. Yusuf, “Effect of Islamic Corporate Governance on the Relationship Between Pressure, Opportunity, Rationalization, Capability and Banking Fraud in Selected Banks in Nigeria: A Pilot Test,” Int. J. Financ. Bank. Res., vol. 2, no. 5, p. 163, 2016, doi: 10.11-648/j.ijfbr.20160205.11.

N. Rustansi, Buku Ajar Ekonomi Pangan dan Gizi. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

G. T. Lau and S. H. Lee, “Consumers’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty,” J. Mark. Manag. 1999 44, vol. 4, no. 4, pp. 341–370, 1999, doi: 10.1023/A:1009886520142.

A. Bhattacherjee, “Individual Trust in Online Firms: Scale Development and Initial Test,” J. Manag. Inf. Syst., vol. Vol 19, no. 1, pp. 211–241, 2002.

M. N. R. Al Arif, Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta, 2010.

P. T. Ilias Santouridis, George Tsimonis, “Using E-S-QUAl to measure internet service quality of e-commerce web sites in Greece,” Int. J. Qual. Serv. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 86–98, 2012, doi: 10.1108/17566691211219751.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Hasiara La Ode; Ahyar M.Diah; dan Sudarlan, Metode Penelitian Terapan Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Pendidikan Vokasi Khusus Humaniora, 1st ed. Malang, Jawa Timur Indonesia: CV IRDH, 2019.

D. Sunyoto, Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama, 2016.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Sema¬rang: Universitas Diponogoro, 2018.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Cet 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.




DOI: https://doi.org/10.96964/jamdi.v4i2.1387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAMDI(Jurnal Akuntansi Multi Dimensi)

Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Samarinda.

Jl. Dr. Cipto Mangun Kusumo, Samarinda, Kalimantan Timur

email : jamdipolnes@gmail.com

contact : +6281350093832

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.