FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH BANK SYARIAH
Abstract
Tujuan yang ingin diraih dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan, produk, dan pengetahuan terhadap keputusan nasabah memilih bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah hasil kuesioner online yang diisi oleh masyarakat kota samarinda. Teknik alat analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliablitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji regresi berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi . Hasil penelitian bahwa uji f pelayanan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah, produk pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan nasabah, dan pengetahuan positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai adjusted R square sebesar 0,351 atau 35,1% sehingga pengaruh pelayanan, produk, dan pengetahuan sebesar 35,1% sedangkan sisanya 64,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam dalam penelitian ini. Hasil uji t bahwa variabel pelayanan, produk, dan pengetahuan simultan terhadap keputusan nasabah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
K. M. Anwarul Islam, “Mobile Banking Operations and Banking Facilities to Rural People in Bangladesh,” Int. J. Financ. Bank. Res., vol. 2, no. 4, p. 147, 2016, doi: 10.11648/j.ijfbr.20160204.14.
Hasiara La Ode; Makmur, “Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Laba Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode Tahun 2008-2013,” Revolusi Keperilakukan Akuntan Untuk Mewujudkan Suatainable Dev., vol. 1, no. 10–23, 2015.
M. Rana, “Corporate Social Responsibility (CSR): Opportunities and Challenges of Banking Sector in Bangladesh,” J. Financ. Account., vol. 3, no. 6, p. 234, 2015, doi: 10.11648/j.jfa.20150306.20.
M. K. La Ode Hasiara, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menggunakan Electronic Money,” J. Akunt. multi Dimens., vol. 1, no. November, pp. 10–20, 2021.
Ikbal & La Ode Hasiara, “Analisis Pengaruh Npl, Ldr, Dan Nim Terhadap Harga Saham Pada Bank Umum Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018,” J. Akunt. MULTI Dimens. Vol., vol. 3, no. 3, pp. 560–572, 2021.
Muhammad Kasim; La Ode Hasiara, “Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Penyaluran Kredit Pada Bank Persero Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018,” J. Akunt. Multi Dimens., vol. 2, no. 2, pp. 142–148, 2021.
Hasiara La Ode; Ahyar Muhammad Diah, “Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Pada Koperasi Daihatsu Cabang Samari,” Pros. Semin. Nas. Penelit. Pengabdi. Kpd. Masy. 2019, vol. 1, no. 1, pp. 90–95, 2019.
E. Hadiyati, “Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lawang),” J. Manaj. Univ. Jambi, vol. 2(2), no. Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lawang), pp. 81–90, 2010.
D. Agustina, M. Sholihin, and A. Fithria, “The Efficiency of Indonesian Islamic Rural Banks: A Stochastic Frontier Analysis,” Int. J. Islam. Econ. Financ., vol. 1, no. 2, pp. 229–248, 2019, doi: 10.18196/ijief.1212.
H. Ali, R. Abdullah, and M. Zaki Zaini, “Fintech and Its Potential Impact on Islamic Banking and Finance Industry: A Case Study of Brunei Darussalam and Malaysia,” Int. J. Islam. Econ. Financ., vol. 2, no. 1, pp. 73–108, 2019, doi: 10.18196/ijief.2116.
M. A. M. A. , El-Brassi, S. M. Alhabshi, and A. H. A. Othman, “Exploring the Knowledge of Islamic Banking Among Libyan Bankers,” Int. J. Islam. Econ. Financ., vol. 3, no. 1, pp. 1–20, 2020, doi: 10.18196/ijief.2119.
R. M. , Ponziani and T. Mariyanti, “Islamic Bank and Monetary Policy: The Case of Indonesia,” Int. J. Islam. Econ. Financ., vol. 3, no. 1, pp. 121–142, 2020, doi: 10.18196/ijief.2124.
A. Muneeza and Z. Mustapha, “The Potential of Fintech in Enhancing the Use of Salam Contract in Islamic Banking,” Int. J. Islam. Econ. Financ., vol. 3, no. 2, pp. 305–334, 2020, doi: 10.18196/ijief.3231.
A. Dahlia, “Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan PT. Bank Syari’ah Mandiri dengan PT. Bank Muamalat Indonesia,” Universitas Hasanuddin, 2012.
E. S. Soegito, Marketing Research : Panduan Bagi Manajer, Pemimpin Perusahaan Organisasi. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2007.
A. Sharofiddin, A. Fauzi Bin Idris, and A. Hasan Abdullah Othman, “Exploring the Challenges of Conventional Banking Practices and Prospects of Introducing an Islamic Banking in Tajikistan: Using Qualitative Aproach,” Indones. J. Nurs. Pract., vol. 1, no. 1, 2018, doi: 10.18196/ijief.111.
F. Tjiptono, Strategi Pemasaran, Edisi III. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2008.
A. Halim1 and S. , Moch Nurdin2, “The 2 th Proceeding International Conference And Call Paper,” 2020.
M. S. Antonio, Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani, 2014.
S. Notoatmodjo, Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
P. F. Drucker, Management: Tasks, Responsibilities, Practices. HarperCollins, 1993.
P. Kotler, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo, 2002.
H. Drummond, Metode Penelitian Bisnis, Edisi keli. Jakarta: Erlangga, 2007.
Jogiyanto Hartono, Pedoman : Survei Kuesioner Mengembangkan Kuesioner, Mengatasi Bias dan Meningkatkan Respon Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada Yoqyakarta, Indonesia, 2008.
Imam Ghozali, Structural Equation Modeling, Teori, Konsep, & Aplikasi Dengan Program Lisrel.8,54. Semarang-Indonesia: Badan Penerbit Universitas DIp, 2005.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung-Indonesia: Penerbit Alfabeta Bandung, Indonesia, 2009.
Hasiara La Ode; Ahyar M.Diah; dan Sudarlan, Metode Penelitian Terapan Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Pendidikan Vokasi Khusus Humaniora, 1st ed. Malang, Jawa Timur Indonesia: CV IRDH, 2019.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta, Bandung, 2019.
I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Universitas Diponogoro, 2018.
DOI: https://doi.org/10.96964/jamdi.v4i2.1386
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JAMDI(Jurnal Akuntansi Multi Dimensi)
Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Samarinda.
Jl. Dr. Cipto Mangun Kusumo, Samarinda, Kalimantan Timur
email : jamdipolnes@gmail.com
contact : +6281350093832