PENGARUH LAYANAN ELEKTRONIK ATAS KEPUASAN PELANGGAN PADA PT BANK MANDIRI CABANG SAMARINDA
Abstract
Riset ini bertujuan untuk mengetahui variabel Kemudahan, variabel Kenyamanan, variabel Kemanfaatan, dan variabel Kepercayaan berpengaruh atas Kebanggaan Pelanggan pada Bank Mandiri (Persero), Tbk Cabang Samarinda. Objek Riset ini yakni Bank Mandiri (Persero), Tbk di Samarinda. Populasi Riset ini yakni pelanggan Bank Mandiri (Persero), Tbk dan menggunakan Elektronik bank. Sampel Riset menggunakan Accidental Sampling dan instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Alat analisis dan dipakai dalam Riset ini yakni Tes normalitas, Tes multikolinieritas, Tes heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, Tes T, Tes F, dan Tes R2. Hasil Riset ini menunjukkan maka dari variabel variabel Kemudahan dan variabel Kemanfaatan berpengaruh signifikan sedangkan variabel variabel Kenyamanan dan variabel Kepercayaan tanpa berpengaruh signifikan atas minat penggunaan Elektronik bank pada Bank Mandiri (Persero), Tbk Cabang Samarinda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
M. K. La Ode Hasiara, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menggunakan Electronic Money,” J. Akunt. multi Dimens., vol. 1, no. November, pp. 10–20, 2021.
I. Pramana and N. Rastini, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali,” None, vol. 5, no. 1, p. 250738, 2016.
J. Hadisurya, “Pengaruh Citra, Kualitas Pelayanan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank,” J. Manaj. dan Pemasar. Jasa, vol. 1, no. 2, p. 78, 2008, doi: 10.25105/jmpj.v1i2.1211.
P. Kepuasan et al., “Selaku pengguna utama jasa perbankan yang disebut dengan nasabah , pada saat ini sangat menginginkan bank yang dapat berperan sebagai mitra dan sekaligus penasehat yang dapat melayani nasabah selaku cepat , akurat dan tentu saja sesuai dengan apa yang dii,” vol. 2, no. 4, pp. 541–555, 2014.
Ikbal & La Ode Hasiara, “Analisis Pengaruh Npl, Ldr, Dan Nim Terhadap Harga Saham Pada Bank Umum Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018,” J. Akunt. Multi Dimens. Vol., vol. 3, no. 3, pp. 560–572, 2021.
Makmur; La Ode Hasiara, “Analisis Rasio Menilai Kinerja Keuangan Pt Waskita Karya (Persero) Tbk Menggunakan Keputusan Menteri Bumn Nomor : KEP-100/MBU/2002,” J. Akunt. Multi Dimens., vol. 2, no. 2, pp. 82–88, 2019.
Muhammad Kasim; La Ode Hasiara, “Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Penyaluran Kredit Pada Bank Persero Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018,” J. Akunt. Multi Dimens., vol. 2, no. 2, pp. 142–148, 2021.
Hasiara La Ode; Ahyar Muhammad Diah, “Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Pada Koperasi Daihatsu Cabang Samarinda,” Pros. Semin. Nas. Penelit. Pengabdi. Kpd. Masy. 2019, vol. 1, no. 1, pp. 90–95, 2019.
M. Ashraf Ali, “Ensuring a Technology-Enhanced Language Classroom: A Perspectives of Business Schools of Bangladesh,” Int. J. Financ. Bank. Res., vol. 2, no. 1, p. 13, 2016, doi: 10.11648/j.ijfbr.20160201.13.
S. Noor Khan, “Factors Influencing Adoption and Usage of Mobile bank: Bangladesh Experience,” Int. J. Financ. Bank. Res., vol. 3, no. 1, p. 1, 2017, doi: 10.11648/j.ijfbr.20170301.11.
Hasiara La Ode; Makmur, dan Usman, “Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Laba Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode Tahun 2008-2013,” Revolusi Keperilakukan Akuntan Untuk Mewujudkan Suatainable Dev., vol. 1, no. 10–23, 2015.
R. K. Miajee, “Corporate Social Responsibilities Practices in the Government Owned bank Sector in Bangladesh : A Case Study on Agrani Bank Limited,” vol. 1, no. 2, pp. 37–43, 2016, doi: 10.11648/j.ijfbr.20150102.14.
Hasiara La Ode, “Sikap dan Perilaku Aparatur dalam Melaksanakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Butas,” J. Apl. Manaj., vol. 11, no. 1, pp. 105–114, 2013.
M. Dwi Sari, “History of Islamic Bank in Indonesia: Issues Behind Its Establishment,” Int. J. Financ. Bank. Res., vol. 2, no. 5, p. 178, 2016, doi: 10.11648/j.ijfbr.20160205.13.
Hasiara La Ode, “Ilmu Pengetahuan Teknologi wartadan Kepedulian Pemerintah 134,” J. Teknol. dan Manaj. Inf., vol. 6, no. Khusus, pp. 5–24, 2008.
Jogiyanto Hartono, Pedoman : Survei Kuesioner Mengembangkan Kuesioner, Mengatasi Bias dan Meningkatkan Respon Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada Yoqyakarta, Indonesia, 2008.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung-Indonesia: Penerbit Alfabeta Bandung, Indonesia, 2009.
Imam Ghozali, Structural Equation Modeling, Teori, Konsep, & Aplikasi Dengan Program Lisrel.8,54. Semarang-Indonesia: Badan Penerbit Universitas DIp, 2005.
Hasiara La Ode; Ahyar M.Diah; dan Sudarlan, "Metode Penelitian Terapan Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Pendidikan Vokasi Khusus Humaniora, 1st ed. Malang, Jawa Timur Indonesia: CV IRDH, 2019.
Gendro Wiyono, Merancang Penelitian Bisnis Dengan Alat Analisis SPSS dan Smart PLS, Penerbit UPP STIM YKPN, Yogyakarta, Indonesia. Penerbit Unit Penerbit dan Percetakan STIM-YKPN, Yogyakarta, 2011.
DOI: https://doi.org/10.96964/jamdi.v4i2.1385
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JAMDI(Jurnal Akuntansi Multi Dimensi)
Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Samarinda.
Jl. Dr. Cipto Mangun Kusumo, Samarinda, Kalimantan Timur
email : jamdipolnes@gmail.com
contact : +6281350093832