ANALISIS KAJIAN KRITIS ATAS PENERAPAN KEPERCAYAAN WAJIB PAJAK PAJAK YANG BERLAKU DI NEGARA R I

Laode Hasiara, Binsar Al Hamidi

Abstract


Tujuan pada riset ini adalah untuk mengkritisi pe­nerapan Kepercayaan Wajib Pajak pajak yang berlaku di Negara R I. Penelitian ini meng­gu­na­kan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wa­wan­cara, dokumentasi, dan triangulasi. Teori penelitian yang digunakan untuk mem­per­kuat peneliti, sehingga peneliti mampu untuk membuat pertanyaan pene­li­tian, me­ngum­pulkan data, dan analisis data kualitatif secara alamiah/natural terkait dengan penerapan Kepercayaan Wajib Pajak pajak yang berlaku di Negara R I. Hasil dari pembahasan yang telah diuraikan adalah: (1) perencanaan Kepercayaan Wajib Pajak diawal dari reformasi perpajakan pada tahun 1983, (2) langkah yang diambil oleh otoritas ketika menetapkan cara pengumpulan pajak Kepercayaan Wajib Pajak dengan mengumpulkan data terkait perpajakan dan melakukan sosialisasi secara masif, (3) pihak yang terlibat pemberian informasi dan pentingnya perpajakan mengenai Kepercayaan Wajib Pajak tentunya berasal dari otoritas melalui undang-undang dan bekerja sama dengan berbagai pihak eksternal. (4) hambatan yang dialami dari kesadaran WP dan berbagai hambatan-hambatan lainnya. (5) apabila Kepercayaan Wajib Pajak maka perlu dilakukan berbagai perbaikan demi penerapan cara pengumpulan pajak lebih efektif, (6) dan juga apabila diubah menjadi ke official assessment system dan wthholding system

Keywords


pajak, self assessment system, WP

Full Text:

PDF

References


I. Ivon Trisnayanti and I. Jati, “Pengaruh Kepercayaan Wajib Pajak, Pemeriksaan Pajak, Dan Penagihan Pajak Pada Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (Ppn),” E-Jurnal Akunt., vol. 13, no. 1, pp. 292–310, 2015.

I. Salendu, “Pemeriksaan Pajak Sebagai Tindakan Pengawasan Atas Pelaksanaan Self Assesment System Dan Tingkat Ketaatan WP Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kotamobagu,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 5, no. 2, 2017.

N. Komang Budi Kartini, G. A. Yuniarta, and E. Sujana, “Analisis Tingkat Pemahaman WP Industri Kecil Dan Menengah Pada Pelaksanaan Kepercayaan Wajib Pajak Pada Melaksanakan Kewajiban Perpajakan ( Studi Pada Industri Kecil dan Menengah di Kecamatan Buleleng ),” e-Journal S1 Ak Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 8, no. 2, p., 2017.

L. Baradja, Y. Yuanita, and A. G. W. Budi, “Penerapan Self Assesment System Pph Pasal 21 Untuk Umkm Se Jakarta,” J. Berdaya Mandiri, vol. 2, no. 2, pp. 408–418, 2020, doi: 10.31316/jbm.v2i2.749.

S. M. Lasmaya and N. N. Fitriani, “Pengaruh Self Assesment System Terhadap,” Comput. Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 69–78, 2017.

Mustaqiem, Perpajakan Pada Konteks Teori dan Hukum Pajak di Negara R I, Cetakan Pe. Yogyakarta: Buku Litera Yogyakarta, 2014.

A. M. Diah and H. La Ode, “Factors Influencing Tax Payer Compliance to Fulfill the Obligation to Pay Tax in Samarinda Municipality,” vol. 354, no. iCASTSS, pp. 394–397, 2019, doi: 10.2991/icastss-19.2019.84.

Hasiara, La Ode, “Sikap dan Perilaku WP, atas Praktek Pembayaran dan Melaporkan SPT Masa PPh, PPn dan PPnBm di Kota Samarinda,” vol. 1, no. 1, 2015.

A. S. Utama, “Pengantar Hukum Pajak,” no. 1, p. 111, 2011.

I. Pramana and N. Rastini, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali,” None, vol. 5, no. 1, p. 250738, 2016.

Hasiara, La Ode, "Buku Metode Penelitian Multi-Paradigma Satu (Membangun Reruntuhan Metode Penelitian Yang Berserakan), 1st ed. Malang: Darkah Media, 2012.

Hasiara, La Ode, "Penelitian Multi Kasus dan Multi Situs, vol. 1. Malang, Jawa Timur Negara R I, 2018.

La Ode Hasiara; Ahyar M.Diah; dan Sudarlan, Metode Penelitian Terapan Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Pendidikan Vokasi Khusus Humaniora, 1st ed. Malang, Jawa Timur Negara R I: CV IRDH, 2019.

E. Barlian, Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, 1st ed. Padang: Sukabina, 2016.

Hasiara, La Ode; H. R. F. dan B. C. D. Harso, “Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada Rumah Sakit Medika Citra Pada Proses Pengelolaan Limbah,” J. Akunt. Multi Dimens., vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2018.




DOI: https://doi.org/10.96964/jamdi.v4i2.1382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAMDI(Jurnal Akuntansi Multi Dimensi)

Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Samarinda.

Jl. Dr. Cipto Mangun Kusumo, Samarinda, Kalimantan Timur

email : jamdipolnes@gmail.com

contact : +6281350093832

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.