PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTORMEREK HONDA PADA CV. BIJO MOTOR BATUSANGKAR

Gampito Gampito, Himyar Pasrizal, Mira Afrianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh return on assets, debt to assets ratio, financial lease, Capital Intentity Masalah dalam penelitian ini adalah presepsi masyarakat yang mengatakan bahwa setiap sepeda motor itu disebut dengan honda, tapi belum tentu merek sepeda motor itu adalah honda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek honda yang diukur dengan: kualitas merek, loyalitas merek dan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek honda di CV. Bijo Motor Batusangkar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian adalah dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 73 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah uji analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek honda. Hal ini dibuktikan dengan t_hitung< t_tabel. (2) Loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek honda. Hal ini dibuktikan dengan t_hitung> t_tabel.(3) Asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek honda. Hal ini dibuktikan dengan t_hitung> t_tabel. (4) Secara bersama-samakualitas merek, loyalitas merek dan asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek honda pada CV. Bijo Motor Batusangkar .Hal ini dibuktikan dengan F_hitung> F_tabel.

Kata kunci:kualitas merek, loyalitas merek, asosiasi merek, keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

References


Aaker David A, (2004).Building Stromg Brands. New York: The Free Press

Aaker David A dan Jacobson, (2004). Building Stromg Brands. New York: The Free Press

Alma Bukhari, (2014). Manajemen Pemasaran dan Pema¬¬-saran Jasa. Bandung: CV. ALFABETA.

Angio Ikbal, (2013).Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Soul di Kota Gorontalo Studi Kasus pada Konsumen PT. Hasjrat Abadi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Fandy Tjiptono, (2014). Pemasaran Jasa, Prinsip, Pene-rapan dan Penelitian. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Kotler Philip, Hoon Ang Swee, Meng Siew Leong, Tiong Chin Tan, (2004). Manajemen Pemasaran Sudut Pandang Asia. Klaten: PT Intan Sejati Klaten.

Pasrizal Himyar, (2015). Pengantar Manajemen. Batu-angkar: STAIN Batusangkar Press.

Ristiawan Dwi & Farida Lena, (2015). Pengaruh citra merek (brand image) terhadap pengambilan kepu¬tusan pem¬belian sepeda motor suzuki satria fu 150 cc di kota pekanbaru studi kasus pada kon¬sumen pt. Riau jaya cemerlang. Jurnal Jum Fisip Vol.2 No.2.

Simamora, Henry, (2001). Pemasaran Produk dan Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka

Setiadi Nugroho J, (2008).Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pema¬saran. Jakarta: Kencana.

Soim Faisal Munif, Suharyono & Abdillah Yusri, (2016). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pem-belian Studi pada Pembeli Kartu Perdana Sim¬pati di Booth Telkomsel Motor. Jurnal Admi¬nistrasi Bisnis (Jab), Vol.35 No.1.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALFA¬BETA.

Swastha Basu, (2005).Azas-Azas Marketing. Yogya¬karta: Liberty Yogyakarta.

Swastha dan Handoko, (2008). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, edisi pertama. Yog-yakarta: BPFE.

Umar Husein, (2008).Desain Penelitian Akuntansi Kepe¬¬-rilakuan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Umar Husein, (2010).Desain Penelitian Manajemen Stra¬¬-tegik,Cara Mudah Meneliti Masalah-masalah Mana¬-jemen Strategik untuk Skripsi, Tesis dan Pra¬ktik Bisnis. Jakarta: Rajawali Press.




DOI: https://doi.org/10.96964/jamdi.v2i1.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Akuntansi Multi Dimensi

Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Samarinda.

Jl. Dr. Cipto Mangun Kusumo, Samarinda, Kalimantan Timur

email : jamdipolnes@gmail.com

contact : +6281350093832

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.