FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI ROTI DI SANGATTA

Meita Sondang Riski, Cadusa Fredella

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  pengaruh  dua variabel independen yaitu kualitas produk dan harga terhadap variabel dependen keputusan membeli. Objek penelitian adalah toko roti Mamintanan yang terletak di kabupaten Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Penulis menentukan variabel produk dan harga karena kedua variabel tersebut merupakan faktor-faktor yang menentukan keputusan konsumen membeli produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan analisis korelasi dan regresi linier berganda dan dalam penghitungannya menggunakan aplikasi program SPSS. Versi 21. Hasil penelitian  menunjukkan pengaruh variabel  kualitas produk  (X1), harga (X2) terhadap keputusan konsumen membeli roti Mamintanan di Sangatta (Y)  tergolong kuat  sebesar 79,4 %.  Secara parsial maupun simultan pengaruh variabel independen (kualitas produk, harga) terhadap variabel dependen (keputusan membeli) signifikan dan hubungan fungsional antara variabel kualitas produk (X1), harga (X2) terhadap keputusan konsumen membeli roti Mamintanan di Sangatta dapat digambarkan dengan model berikut: Y =  0, 525 + 0,441 (X1) + 0,455 (X2) +  e. Kedua variabel independen yang diteliti dapat digunakan untuk mengestimasi keputusan konsumen membeli roti Mamintanan di Sangatta, terbukti dari hasil asumsi klasik yang membuktikan tidak adanya  multikolinieritas, heterokedastisitas dan auotokorelasi. Pengujian reliabilitas menggunakan koefisien  Alpha atau Cronbach’s Alpha yang menunjukkan bahwa nilai r tabel pada  £ = 0,05 dengan derajat bebas df = jumlah responden – 2  atau 70 – 2 = 68. Nilai r (0,05;68) pada uji satu arah  = 0,200. Nilai r Aplha  pada akhir analisis adalah sebesar  0.956,  sehingga  0.956   > 0.200 menunjukkan reliabel. Demikian untuk uji validitas dinyatakan valid. Kesimpulan penelitian menjawab hipotesis penelitian yaitu secara parsial dan simultan, kedua variabel independen berpengaruh  signifikan terhadap keputusan konsumen membeli roti Mamintanan di Sangatta. 

 

Kata kunci : kualitas produk, harga, keputusan membeli


Keywords


Manajemen

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchory., dan Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi Dan Tanya Jawab. Bandung : CV. Linda Karya.

Akbar, Moch Nizar. 2015. Pengaruh Independensi dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Auditor. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol.3. No.2

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Assauri, Sofjan, 2007, Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers, Jakarta.

Bhuono. Agung, Nugroho. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta : ANDI

Basu Swastha dan Irawan. 2008, Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Liberty, Yogyakarta

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: Satu Nusa.

Denny Kristian dan Rita Widayanti. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Mahasiswa Kampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis. Vol.16, No.1

Doyle, Peter and John Saunders,1985. The Lead of Marketing Decision. “Journal of Marketing Research” Edisi 22th

Djaslim, Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Bandung, Linda Karya

Fajar, Laksana, 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Andi

Garvin, D. A. 2010. Strategi Marketing. Yogyakarta: Andi

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan SPSS. Semarang : Universitas Diponegoro

Hair, Jr et.al. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed). United States : Pearson

Kotler & Keller. (2011). Marketing Management (14th ed). United States : Pearson

Kotler & Armstrong. (2012). Principles of Marketing (14th ed). United States : Pearson

Nugroho J. Setiadi. 2013. Perilaku Konsumen (edisi revisi). Jakarta : Kencana Perdana Media Grup

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Eksis

-------------------------------------------------------------------
 
Jurnal EKSIS
 
Editorial Secretariat:
 
Contact Person:
Sudarlan: +62 813-1942-0207
 
Jurusan Akuntansi
Politeknik Negeri Samarinda
 
Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan Samarinda 75131
 
Phone  : +62 541260588
Fax  : +62 541260355
Website : http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/eksis/
Email : jurnal_eksis@polnes.ac.id
 

-------------------------------------------------------------------

ISSN: 0216-6437 (PRINT)

ISSN: 2722-9327 (ONLINE)

-------------------------------------------------------------------

Creative Commons License
Jurnal EKSIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.