PENGARUH PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP VOLUME PENJUALAN AIR MINUM KEMASAN MEREK Q-BIC PADA PT. DIFUSI GOLDEN UTAMA DI SAMARINDA

Mihani Mihani

Abstract


MIHANI : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi  terhadap volume penjualan air minum kemasan merek Q-Bic pada PT Difusi Golden Utama di Samarinda. 

Model analisis yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah model analisis regresi linier berganda yang akan dianalisis dengan menggunakan program statistik, yaitu SPSS v.16.0 for Windows. Jumlah responden yang menjadi objek dalam  penelitian ini sebanyak  92responden. Hasil analisis statistik menunjukkan koefisien regresi variabel-variabel  bebas, yaitu produk  (X1)  = 0,336,  harga (X2) =0,145, lokasi  (X3) = 0,159  serta konstanta sebesar  0,163.  Persamaan regresi linier berganda adalah Y =  Y = 0,163 + 0,336X1 + 0,145X2 + 0,159X3.  Hasil penelitian  didapat dari besarnya pengaruh yang diterangkan variabel-variabel produk, harga, lokasi pada PT Difusi Golden Utama sebesar koefisien korelasi (R) = 0,921  dan besarnya ketergantungan kinerja pegawai terhadap ketiga variabel bebas di atas adalah sebesar nilai koefisien determinasi  (R square) = 0,842 atau  84,2 %. Hasil analisis uji F menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap volume penjualan pada PT Difusi Golden Utama. Secara parsial, variabel produk  (X1),  harga (X2), lokasi (X3)berpengaruh signifikan. Variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap volume penjualan adalah produk (X1).

Keywords: Produk, Harga, Lokasi, Penjualan


Full Text:

PDF

References


Basu Swastha DH dan Irawan, 2003, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi kesebelas, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono, 2005, Pemasaran Jasa, Banyumedia Publishing, Malang.

Philip Kotler, 2000, Marketing Management, The Millenium Edition, Prentice Hall International, New Jersey.

Philip Kotler dan Gary Amstrong, 2002, Dasar-Dasar Pemasaran, edisi kesembilan, PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Rangkuti, Freddy, 2001, Riset Pemasaran, Edisi Keempat, Cetakan Kesebelas, Liberty, Yogyakarta.

Staton, Wiliam J., Etzel, Michael J. dan Walker, Bruce J., 1994. Fundamentals Of Marketing, Ten Edition, Mc Grow Hill. Inc. USA.

Sugiono, 2003, Metode Penelitian Administrasi , Alfabeta, Bandung.

Sugiono, 2005, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.

Sofjan Assauri, 2004, Manajemen Pemasaran, Cetakan Ketujuh, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

William J. Stanton, Prinsip Pemasaran., Jilid I, Erlangga, Jakarta, 1994.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Eksis

-------------------------------------------------------------------
 
Jurnal EKSIS
 
Editorial Secretariat:
 
Contact Person:
Sudarlan: +62 813-1942-0207
 
Jurusan Akuntansi
Politeknik Negeri Samarinda
 
Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan Samarinda 75131
 
Phone  : +62 541260588
Fax  : +62 541260355
Website : http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/eksis/
Email : jurnal_eksis@polnes.ac.id
 

-------------------------------------------------------------------

ISSN: 0216-6437 (PRINT)

ISSN: 2722-9327 (ONLINE)

-------------------------------------------------------------------

Creative Commons License
Jurnal EKSIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.