PENGARUH PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP VOLUME PENJUALAN AIR MINUM KEMASAN MEREK Q-BIC PADA PT. DIFUSI GOLDEN UTAMA DI SAMARINDA
Abstract
MIHANI : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi terhadap volume penjualan air minum kemasan merek Q-Bic pada PT Difusi Golden Utama di Samarinda.
Model analisis yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah model analisis regresi linier berganda yang akan dianalisis dengan menggunakan program statistik, yaitu SPSS v.16.0 for Windows. Jumlah responden yang menjadi objek dalam penelitian ini sebanyak 92responden. Hasil analisis statistik menunjukkan koefisien regresi variabel-variabel bebas, yaitu produk (X1) = 0,336, harga (X2) =0,145, lokasi (X3) = 0,159 serta konstanta sebesar 0,163. Persamaan regresi linier berganda adalah Y = Y = 0,163 + 0,336X1 + 0,145X2 + 0,159X3. Hasil penelitian didapat dari besarnya pengaruh yang diterangkan variabel-variabel produk, harga, lokasi pada PT Difusi Golden Utama sebesar koefisien korelasi (R) = 0,921 dan besarnya ketergantungan kinerja pegawai terhadap ketiga variabel bebas di atas adalah sebesar nilai koefisien determinasi (R square) = 0,842 atau 84,2 %. Hasil analisis uji F menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap volume penjualan pada PT Difusi Golden Utama. Secara parsial, variabel produk (X1), harga (X2), lokasi (X3)berpengaruh signifikan. Variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap volume penjualan adalah produk (X1).
Keywords: Produk, Harga, Lokasi, Penjualan
Full Text:
PDFReferences
Basu Swastha DH dan Irawan, 2003, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi kesebelas, Penerbit Liberty, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono, 2005, Pemasaran Jasa, Banyumedia Publishing, Malang.
Philip Kotler, 2000, Marketing Management, The Millenium Edition, Prentice Hall International, New Jersey.
Philip Kotler dan Gary Amstrong, 2002, Dasar-Dasar Pemasaran, edisi kesembilan, PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Rangkuti, Freddy, 2001, Riset Pemasaran, Edisi Keempat, Cetakan Kesebelas, Liberty, Yogyakarta.
Staton, Wiliam J., Etzel, Michael J. dan Walker, Bruce J., 1994. Fundamentals Of Marketing, Ten Edition, Mc Grow Hill. Inc. USA.
Sugiono, 2003, Metode Penelitian Administrasi , Alfabeta, Bandung.
Sugiono, 2005, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.
Sofjan Assauri, 2004, Manajemen Pemasaran, Cetakan Ketujuh, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
William J. Stanton, Prinsip Pemasaran., Jilid I, Erlangga, Jakarta, 1994.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Eksis
-------------------------------------------------------------------
ISSN: 0216-6437 (PRINT)
ISSN: 2722-9327 (ONLINE)
-------------------------------------------------------------------
Jurnal EKSIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------