Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Integritas, Objektivitas, Dan Independensi Akuntan Sebelum Dan Sesudah Menempuh Mata Kuliah Etika Bisnis Dan Profesi
Abstract
Penelitian ini menganalisis persepsi mahasiswa akuntansi terhadap etika profesi akuntan yaitu integritas, objektivitas, dan independensi sebelum dan sesudah menempuh mata kuliah etika bisnis dan profesi. Penelitian ini adalah penelitian eksplorasi dengan menggunakan judgment sampling dalam pengambilan data. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi semester 4 dan 6. Mahasiswa semester 4 sudah menempuh Mata Kuliah Auditing 1 dan Auditing 2, tetapi belum menempuh Mata Kuliah Etika Bisnis dan Profesi, sedangkan mahasiswa semester 6 sudah menempuh Mata Kuliah Auditing 1, Auditing 2 dan Etika Bisnis dan Profesi. Metode Analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji beda lavene test. Hasil penelitian menunjukan t sebesar -0,942 (sebelum) dan -0,950 (sesudah) dengan signifikansi 0,05, terdapat perbedaan persepsi mahasiswa semester 4 dan semester 6 berkaitan dengan “Integritas Akuntan” (X1). Berkaitan dengan “Objektivitas Akuntan” (X2) diperoleh nilai t sebesar 0,300 (sebelum) dan 0,302 (sesudah) dengan signifikansi 0,05, artinya tidak terdapat perbedaan antara mahasiswa semester 4 dengan semester 6. Sedangkan persepsi mahasiswa terhadap “Independensi Akuntan” (X3) diperoleh nilai t sebesar 3,595 (sebelum) dan 3,609 (sesudah) dengan signifikansi 0,05, artinya tidak terdapat perbedaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa penambahan kurikulum Mata Kuliah Etika Bisnis dan Profesi di Jurusan Akuntansi telah mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa berkaitan dengan Objektivitas Akuntan dan Independensi Akuntan.
Kata Kunci: Persepsi, Integritas, Objektivitas, Independensi, Etika Bisnis dan profesi
References
Arens, A.A. & J.K. Loebbecke, 1997, Auditing: An Integrated Approach, Seven Edition, New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Arens, A.A. & J.K. Loebbecke, 2003, Auditing dan Pelayanan Verifikasi, Edisi IX, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Boynton, W.C., R.N. Johnson, & W.G. Kell, 2002. Modern Auditing, New York, Jhon Wiley & Sons.
Desriani, Rahmi, 1993, Persepsi Akuntan terhadap Kode Etik Akuntan Indonesia, Tesis, Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
Pojman, Louis P. 1990, Ethics Discovering Right and Wrong, California: Wad Worth Publishing Company.
Mulyadi, 2002, Auditing, Edisi 6, Jakarta: Salemba Empat.
Nurita dan Radianto, 2008, Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Penyusutan Laporan Keuangan, The 2nd National Conference UKWMS Surabaya.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga, Jakarta: Penerbit Balai Pustaka.
Ruchjat Kosasih, 2000, Akuntan Publik Tidak Independen Bila Terlalu Lama Menjadi Auditor Suatu Entitas? Juni, Media Akuntansi, pp. 47-48.
Rustiana dan Dian Indri, 1999, Persepsi Kode Etik Akuntan Indonesia: Komparasi Novice Accountant, Akuntan Pendidik, dan Akuntan Publik, Simposium Nasional Akuntansi II, IAIKAPd September.
Sihwahjoeni dan M. Gudono, 2000, Persepsi Akuntan terhadap Kode Etik Akuntan. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol 3 No 2 Juli: 168-184.
Steven, 1993, A Comparation of Ethical Evaluations of Business School Faculty and Students: A Pilot Umar, Husein, 2003, Metode Riset Akuntansi Terapan, Ghalia Indoensia.
Ward, Suzanne Pinac, D.R. Ward, dan A.B. Deck, 1993. Certified Public Accountants: Ethical Perception Skill and attitudes on Ethics Education, Journal of Business Ethics 12, 600-610.
Wulandari dan Sularso, 2002, Persepsi Akuntan Pendidik dan Mahasiswa Akuntansi terhadap Kode Etik Akuntan Indonesia (Studi Kasus di Surakarta). Jurnal Perspektif FE UNS Vol 7 No 2 Des: 17-89
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Eksis
-------------------------------------------------------------------
ISSN: 0216-6437 (PRINT)
ISSN: 2722-9327 (ONLINE)
-------------------------------------------------------------------
Jurnal EKSIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------