PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA DI SAMARINDA TAHUN 2019
Abstract
This study aims to determine the effect of price, promotion and product quality on consumer satisfaction of Honda brand motorcycles in Samarinda both partially and simultaneously. This research is a survey research. The population in this study is the people in Samarinda. The sampling technique uses accidental sampling with a total sample of 100 people. Data collection techniques using questionnaires or questionnaires that have been tested for validity and reliability. The data analysis technique used is multiple linear regression. The results of this study indicate that: (1) the price has a significant effect on the satisfaction of Honda motorcycle consumers, as evidenced by the significance value of 0.002 < 0.05, and (2) the promotion has no significant effect on Honda motorcycle consumer satisfaction, as seen from the significance value 0.161 > 0.05, and (3) product quality has a significant effect on the satisfaction of Honda motorcycle consumers, as evidenced by the significance value of 0,000 < 0,05, and (4) the price, promotion and quality of products have an influence on the satisfaction of Honda motorcycle consumers in Samarinda, evidenced by the results of the test obtained F count value of 29.446 with a significance of 0.000 < 0.05.
Keywords: Price, Promotion, Product Quality, and Consumer Satisfaction.
Full Text:
PDFReferences
A.M Morissan, (2010), Periklanan komunikasi pemasaran terpadu, Penerbit Kencana, Jakarta.
Agus, Sartono (2001), Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, BPFE, Yogyakarta.
Basu Swastha dan Irawan. 2003. Manajemen Pewasaran Modern, Edisi 2, Penerbit Liberty, Yogyakarta
C. Mowen, John. Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga
Durianto,Sugiarto dan Tony Sitinjak, (2001), Strategi Menaklukkan Pasar Melalui, Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta.
Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam, (2018), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Ginting, Hartimbul. Nembah F, (2011), Manajemen Pemasaran, CV Yrama Widya, Bandung.
Himawan, Adrian Hira (2016), Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merk dan Promosi terhadap Minat beli Notebook Acer, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Handoko, T. Hani (2008), Manajemen Personalia dan Sumber daya Manusia, Edisi II, Penerbit BPFE, Yogyakarta.
Hasibuan, M. (2007). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kasmir dan Jakfar, (2012), Studi Kelayakan Bisnis, Kencana, Jakarta.
Kotler. P., & Amstrong. G, (2008), Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1, (Terjemahan Bob Sabran), Edisi Keduabelas, Erlangga, Jakarta. (Edisi asli diterbitkan tahun 2008 oleh Pearson Education Inc. Pearson Prentice Hall).
Kotler. P., & K.L. Keller. (2009), Manajemen Pemasaran Jilid 1, (Terjemahan Bob Sabran), Edisi Ketigabelas, Erlangga, Jakarta. (Edisi asli diterbitkan tahun 2008 oleh Pearson Education Inc. Pearson Prentice Hall).
Kuncoro, Mudrajat (2001), Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi Pertama, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Kurniawan, A. R. (2016). Buku Sakti Manajer dan Supervisor. Yogyakarta: Quadrant.
Kusnadi, (2000), Akuntansi Keuangan Menengah (Prinsip, prosedur dan metode), Edisi Keduapuluhsatu, Salemba Empat, Jakarta.
Lamb, Charles W.et.al. (2001). Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat: Jakarta.
Lupiyoadi, (2001), Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, Salemba Empat, Jakarta.
Manurung, Parasian (2017), Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Keputusan Pembelian Ulang di Alfamart dan Indomaret (Studi di Alfamart dan Indomaret Waralaba di Jalan Ratu Dibalau Tanjung Senang, Bandar Lampung), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Lampung.
Pratiwi, Hildha Aprilia (2018), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Traveloka di Yogyakarta, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Rudianto, (2009), Pengantar Akuntansi, Erlangga, Jakarta.
Rue, L. W., & Terry, G. R. (2008). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Safin, Nasrullah Arsyad (2017), Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Iklan terhadap Kupuasan Pelanggan Air Minum dalam Kemasan (Studi kasus pada konsumen Air Minum dalam Kemasan Merek AQUA), Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Prakti Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.
Simamora, H. (2000). Manajemen Pemasaran Internasional Jilid I. Jakarta Salemba Empat.
Stanton, William J. (2013). Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Buchari Alma. Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga.
Sukmawati, Rina (2017), Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Garden Cafe Koperasi Mahasiswa Univeritas Negeri Yogyakarta.
Sumawan, Dendi (2015) Analisi Pengaruh Promosi, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sugiyono.2006.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.
Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.
Sunyoto, Danang (2011). Praktik SPSS Untuk Kasus. Yogyakarta. Nuha Medika.
Tjiptono. Fandy, dan Diana. Anastasia (2016), Esensi dan Aplikasi Pemasaran, Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. (2007). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi.
Tjiptono, Fandy. (1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Eksis
-------------------------------------------------------------------
ISSN: 0216-6437 (PRINT)
ISSN: 2722-9327 (ONLINE)
-------------------------------------------------------------------
Jurnal EKSIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------