PENGARUH NILAI PELANGGAN, KEDEKATAN EMOSIONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANKALTIMTARA UNIT USAHA SYARIAH SAMARINDA
Abstract
This research aims to determine the effect of the Customer Value, the Emotional Approach and the Service Quality on the Customer Statisfaction at Bankaltimtara Unit Usaha Syariah in Samarinda. The analytical tools used in this research is multiple liniear regression analysis. The result of multiple liniear regression analysis the equation that was Y = 0,512 + 0,184 X1 + 0,134 X2 +0,592 X3. The Customer Value value is 0,184, the Emotional Approach value is 0,134 an the Service Quality value is 0,592. The result of this research indicated that the variables of the Customer Value, the Emotional Approach and the Service Quality partially or simultaneously here a positive and significant impact on the Customer Statisfaction at Bankaltimtara Unit Usaha Syariah in Samarinda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, T., & Tantri, F. (2012). Bank dan Lembaga Lainnya. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Achsan, Z., Lubis, N., & Widayanto. (2014). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan dan Kedekatan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen. Diponegoro Journal Of Social and Politic, Hal.1-14.
Af hami, M., Suharyono, & Hidayat, K. (2016). Analisis pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan dan dampaknya pada loyalitas pelanggan. Administrasi Bisnis, Vol.39, Hal.81-89.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Bahri, D. (2010). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan dan Kedekatan Emosional Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada Bank BRI Cabang Pattimura Semarang). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Fajar, M. (2019, Februari 11). Bank Kaltimtara Syariah Umumkan Pemenang Semarak 48 Poin Berkah Periode Tahun 2018. Dipetik Juli 23, 2019, dari 968 KPFM SAMARINDA:
http://968kpfm.co.id/berita/advetorial/ban k-kaltimtara-syariah-umumkan- pemenang-semarak-48-poin-berkah- periode-tahun-2018
Hair, J., Black, W., Babin, B., Anderson, R., & Edition, S. (2014). Multivariate Data Analysis. London: Pearson Education Limited.
Handayani, A. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank BMT Beringharjo Yoyakarta. Jurnal Ekonomi, Hal 1-16.
Hasibuan, D. (2007). Dasar, Pengertian, dan Masalah Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hidayat, R., Irda, & Husna , N. (2013). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan, dan Kedekatan Emosional Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Nagari Capem Kambang). Jurnal Ekonomi, Hal 1-11.
https://bankaltimtara.co.id/en
Ikasari, A., Suryoko, S., & Nurseto, S. (2013). Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Diponegoro Journal Of Social And Politic, Hal. 1-8.
Kaltim, P. (2018, Oktober 19). Begini Strategi Bankaltimtara Syariah Dongkrak Pangsa Pasar. Dipetik Desember 27, 2018, dari Pro Kaltim:
http://kaltim.prokal.co/read/news/343079- begini-strategi-bankaltimtara-syariah- dongkrak-pangsa-pasar.html
Kasmir. (2016). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Kuncoro, M. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Kurniawan, A. (2016). Buku Sakti Manajer dan Supervisor. Yogyakarta: Quadrant.
Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Samlemba Emban Patria.
Mawardah, I. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer value Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Bukopin). Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Naja, H. (2004). Membangun Micro Banking. Yogyakarta: Pustaka Widiyatama.
Nasution, A., Sudarso, I., & Trisunarno, L. (2006). Manajemen Pemasaran untuk Engineering. Yogyakarta: Andi Offset.
Passe, L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada PT. Bank Papua Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Priyanto, D. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV ANDI OFFSER.
Purnawati, I., Yuniarta, G., & Sulindawati, N. (2014). Akuntansi Perbankan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: Andi Offset.
Safitri, W. (2017). Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Kendari. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Halu Oleo.
Setiyaningrum, A., Udaya, J., & Efendi. (2015). Prinsip-prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: CV Alpabeta.
Sujarweni, V. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sule, E., & Saefullah, K. (2017). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sunyoto, D. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Suyanto, M. (2007). Marketing Strategy. Yogyakarta: Andi Offset.
Terry, G., & Rue, L. (2008). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia. (2008). Nomor 21 Tentang Perbankan Syariah.
Wahjono, S. (2010). Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yaya, R., Martawireja, A., & Abdurahman, A. (2009). Akuntansi Perbankan Syariah. Jakarta: Salemba Empat.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Eksis
-------------------------------------------------------------------
ISSN: 0216-6437 (PRINT)
ISSN: 2722-9327 (ONLINE)
-------------------------------------------------------------------
Jurnal EKSIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------